Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar Pusat, Irjen Pol DR Agung Makbul mengajak seluruh masyarakat Aceh khususnya Aceh Barat, agar dapat menghargai setiap perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Menghargai perbedaan pendapat, Insya Allah akan menjadikan kita umat yang bisa bersatu dan menjadikan kita lebih kuat,” kata Irjen Pol Agung Makbul saat menjadi khatib Jumat di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Aceh Barat, Jumat.

Di depan ribuan jamaah, ia mengatakan apabila umat Islam bersatu maka akan menjadikan umat Islam kuat dan tidak mudah di adu domba oleh pihak luar.

Ia juga mengajak umat Islam di Aceh Barat agar saling menghargai perbedaan dalam hal-hal yang bersifat furi’iyah.

Agung Makbul juga mengatakan menghargai perbedaan pendapat, hal tersebut sangat penting mengingat saat ini Indonesia mendekati tahun politik, yang tentunya akan banyak perbedaan pendapat yang muncul. Sehingga umat Islam perlu mawas diri dan tidak mudah terpancing emosi.

“Diantara usaha peningkatan ketakwaan kita terhadap Allah subhanahu wa ta’ala adalah tidak mudah menyalahkan berbagai hal yang tidak kita ketahui secara serampangan,” kata Agung Makbul menambahkan.

Ia juga mengajak masyarakat agar tidak mudah terhasut dengan pemberitaan yang belum terbukti kebenarannya.

Irjen Pol Agung Makbul juga mengajak seluruh umat muslim di Aceh agar ikut berkontribusi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari kelompok-kelompok yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Indonesia hari ini butuh persaudaraan sejati yang dimulai dari lingkup tetangga hingga bernegara,” tuturnya.

Menurutnya, dunia juga membutuhkan persaudaraan dan perdamaian di tengah kondisi ketidakpastian karena pandemi dan peperangan yang terjadi antar negara.

“Umat Islam perlu menjadi duta-duta damai setelah sukses dari ujian Ramadhan. Bulan Syawal juga menjadi waktu yang tepat untuk mengawali perbaikan diri kita, agar semakin bertakwa dan baik terhadap sesama manusia,” kata Agung Makbul berpesan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022