Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meresmikan operasional pabrik kelapa sawit (PKS) dengan kapasitas 45 ton per jam.

Pabrik milik PT Aceh Trumon Anugerah Kita berlokasi di Gampong Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, diresmikan, Sabtu.
 
Dalam peresmian tersebut Bupati Aceh Selatan didampingi unsur Forkopimda, Dandim 0107, Kapolres Aceh Selatan, Kajari, Ketua DPRK beserta anggota, serta dari Mahkamah Syariah.
 
Kemudian, para asisten, kepala SKPK, para kepala Bagian Setdakab Aceh Selatan, tokoh masyarakat, dan para Direksi serta pemegang saham PT Aceh Trumon Anugerah Kita serta undangan lain.
 
Pada kesempatan itu, Tgk Amran menyampaikan bahwa Aceh Selatan mempunyai potensi besar dan strategis dalam bidang perkebunan sawit yang tersebar di berbagai kecamatan.
 
Areal yang luas serta tanah yang sesuai dengan jenis tanaman ini di berkembang pesat, kata Tgk Amran.
 
Menurut Bupati, kehadiran investasi industri pabrik kelapa sawit berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh Selatan pada umumnya dan Kecamatan Trumon Timur khususnya.
 
Bupati menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menyambut baik para investor yang ingin menanamkan modalnya karena berdampak signifikan pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat.
 
"Investasi juga membuka lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan asli daerah serta tertampungnya pemasaran hasil panen tandan buah segar masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan yang terus meningkat," kata Tgk Amran.
 
Bupati mengatakan permintaan minyak sawit mentah atau crude palm oil CPO terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. CPO sangat diminati produsen karena selain bahan baku minyak goreng, juga bahan dasar produk kebutuhan masyarakat lainnya.
 
Direktur PT Aceh Trumon Anugerah Kita Hendi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, sehingga PKS dapat beroperasi secara tepat waktu.
 
"Pabrik ini mempekerjakan 80 persen masyarakat lokal sesuai dengan komitmen awal pembangunan serta membeli sawit masyarakat langsung maupun melalui agen pengumpul sesuai dengan harga pasar," kata dia.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022