Harga jual daging sapi di Aceh Besar menjelang perayaan Idul Adha 1443 H bertahan di angka Rp150 ribu per kilogram.

Pedagang daging sapi di Pasar Lambaro, Marwansyah d Aceh Besar, Sabtu mengatakan harga jual tersebut masih stabil dan belum ada kenaikan.

"Sekarang ini, harganya masih standar belum ada kenaikan," katanya di Aceh Besar pada Sabtu.

Ia memperkirakan harga jual daging sapi segar akan naik pada saat H-4 meugang menyambut Idul Adha 1443 H bisa mencapai Rp170 kilogram.

"Kemungkinan naik mulai hari Kamis karena biasanya pada saat meugang permintaan daging sapi segar sudah meningkat," katanya.

Khairul, pedagang lainnya di Pasar Lambaro, harga jual daging sapi segar akan mengalami kenaikan imbas dari harga sapi yang juga naik saat hari raya kurban.

"Sekarang saja, harga tebusnya sudah mulai naik. Apalagi, nanti menjelang kurban pasti akan naik lagi karena daya beli sapi meningkat," katanya. 

Khairul juga menjelaskan bahwa daya beli daging sapi segar menurun akibat wabah sapi berpenyakit kuku dan mulut (PMK). Namun, ia menegaskan bahwa sapi yang dijual di pasar tidak terinfeksi penyakit tersebut sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat. 

"Ada tahap pemeriksaan oleh dokter hewan di rumah potong hewan (RBH), kalau sakit PMK, tidak boleh masuk ke pasar," katanya.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022