Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat berharap Pemerintah Pusat dapat membangun Balai Benih Udang (BBU) untuk pengembangan tambak.

“Permintaan tersebut guna memenuhi permintaan benih yang semakin meningkat untuk pengembangan tambak udang vaname di kabupaten ini,” kata Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan Aceh Jaya, T Ridwan di Calang, Senin.

Ia menyebutkan saat ini sudah ada sebanyak 32 tambak di Aceh Jaya dengan luas lahan yang dimiliki setiap orang yakni dari satu hektare sampai ada 20 hektare lahan.

“Minat investor untuk menanamkan modalnya di sektor udang vaname cukup tinggi sehingga kehadiran BBU sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung investasi di sektor perikanan ini,” katanya.

Ia menambahkan saat ini ada tambak yang belum beroperasi pasca panen disebabkan karena belum adanya benih karena benih didatangkan dari Bireuen, Aceh Utara maupun Pidie Jaya.

“Salah satu upaya agar usaha ini terus maju adalah Pemerintah baik pusat maupun Pemerintah Aceh dapat membangun Panti benih di pantai Barat,” katanya.

Ia juga menjelaskan untuk pembangunan balai benih sudah sangat layak di Aceh Jaya karena permintaan benih semakin meningkat dan apalagi Aceh Jaya juga tidak jauh dari pusat kota Banda Aceh maupun Bandara saat pengiriman induk udang vaname.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022