PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh menyatakan siap membangun infrastruktur kelistrikan di lokasi pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut di kawasan Neuheun, Kabupaten Aceh Besar.

Manager Subbagian Operasi dan Pemeliharaan PLN UIW Aceh, Husni di Aceh Besar, Kamis mengatakan untuk meningkatkan kehandalan listrik di lokasi pelaksanaan PON Aceh-Sumut pihaknya merencanakan disuplai dari dua gardu induk yakni dari Krueng Raya dan Kuta Baro.

“Hari ini kita telah meninjau langsung lokasi pembangunan venue dan stadion utama Pelaksanaan PON Aceh-Sumut di kawasan Neuheun Kabupaten Aceh Besar,” katanya di Aceh Besar.

Dalam peninjauan langsung yang turut didampingi Kepala Bidang sarana dan prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Rulli Syahreza, ia menjelaskan kunjungan tersebut untuk memetakan lokasi dan titik pembangunan venue sehingga pihaknya dapat memetakan jalur distribusi listrik.

“Kita akan melakukan perencanaan awal suplai listrik ke kawasan pelaksanaan PON 2024 sehingga saat pelaksanaan pembukaan hingga selesai berjalan maksimal,” katanya.

Ia mengatakan suplai yang direncanakan dari dua gardu induk juga bagian meningkatkan kehandalan dan memaksimalkan pelayanan PLN dalam menyukseskan even nasional itu.

Pihaknya juga berharap dalam pembahasan detil pembangunan venue dan stadion utama dan sarana dan prasarana lainnya dapat dilibatkan dalam memaksimalkan persiapan jaringan listrik di kawasan itu.

“Kami juga berharap setelah adanya blueprint nantinya dapat dibangun gorong-gorong agar jaringan listrik di bawah tanah. Ini juga untuk memudahkan dalam pemeliharaan dan tidak merusak estetika,” katanya.

Pihaknya berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 dengan menjamin kehandalan energi di kawasan pelaksanaan PON.

Kabid Sapras Dispora Aceh, Rulli Syahreza mengatakan pihaknya akan segera merampungkan masterplan pembangunan kawasan pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 di kawasan Neuheun, Aceh Besar.

Rulli yang turut didampingi Wakil Rektor IV USK, Prof Taufiq Saidi mengatakan pembangunan venue dan stadion utama pembukaan PON 2024 itu akan dilaksanakan di Komplek pengembangan Kampus II USK.

Ia menyebutkan luas tanah yang berada di kawasan Aceh Besar tersebut sekitar 1.588 hektar, di mana 250 hektare dari jumlah tersebut akan digunakan sebagai lokasi Pekan Olah Nasional (PON) pada 2024 mendatang.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022