Dalam rangka menyemarakkan kemerdekaan atau HUT RI ke-77, Polresta Banda Aceh melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 3.500 di sejumlah pantai yang ada di ibu kota Provinsi Aceh itu.

"Dalam rangka memperingati HUT RI tahun 2022 ini, kita melakukan penanaman 3.500 pohon di sejumlah tempat," kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, di Banda Aceh, Selasa. 

Penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari agenda Aceh Hijau dengan menanam serentak 77 ribu pohon di seluruh kabupaten/kota se Aceh.

Joko mengatakan, untuk Kota Banda Aceh sendiri dilakukan penanaman sebanyak 3.500 pohon yang tersebar di 20 lokasi, dan sudah dimulai dari pantai Syiah Kuala Banda Aceh.

Adapun pohon yang ditanam tersebut merupakan tanaman yang memiliki peran ekologis terhadap hidup manusia seperti cemara, ketapang hingga mangrove. 

"Pohon memiliki manfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Serta untuk dapat mencegah abrasi pantai dan lain sebagainya," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolresta juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga ekosistem dengan tidak berhenti menanam pohon. 

"Mari kita bersama menanam pohon agar dapat menjaga ekosistem untuk anak-anak dan cucu kita kelak," kata Kombes Joko Krisdiyanto.

Sementara itu, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan sosial dalam rangka HUT RI ke 77 tersebut. Ia pun mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Polda Aceh itu. 

"Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat. Baik bagi warga sekitar khususnya, dan Banda Aceh pada umumnya," demikian Bakri Siddiq.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022