Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Forum Dekan Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri se-Indonesia menggelar seminar nasional tentang hukum keluarga di Banda Aceh, Rabu.

"Isu yang dibahas dalam forum dan seminar ini antara lain terkait dengan kurikulum kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI)," kata Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Dr Khairuddin di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan seminar tersebut juga membahas beberapa persoalan lainnya seperti kurikulum, hukum dan perlindungan anak serta rekomendasi untuk pemerintah dalam menetapkan hukum hak anak.

Khairuddin mengatakan forum dekan tersebut juga membahas perubahan gelar dari S.Sy (sarjana syariah) kepada SHI (sarjana hukum Islam), serta pada akhir diskusi peserta juga membahas persiapan pemilihan ketua forum dekan syariah dan hukum untuk periode mendatang.

Ia juga mengatakan forum tersebut juga membahas keluarnya putusan hak anak di luar nikah, termasuk hak pengakuan dan warisan kepada anak tersebut.

"Persolan ini juga menjadi perhatian khusus dari forum dekan dan seminar, sebab anak-anak saat ini sangat rentan dengan kekerasan dan penelantaran oleh orang tua dan keluarga," katanya.

Ia menambahkan, forum tersebut juga akan memberikan masukan kepada pemerintah pusat untuk mengimplementasikan penegakan hukum tentang hak-hak anak.

Adapun pemateri dalam seminar tersebut adalah guru besar UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Prof Khairuddin dan Dr M Fauzan dari Mahkamah Agung RI.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016