Beberapa amalan yang dicintai oleh Allah SWT dan mendatangkan keridhaan Allah kepada hambaNya diantaranya shalat tepat pada waktu, berbuat baik kepada orang tua, shadaqah, jihad di jalan Allah, membaca Al Quran dan segala perbuatan yang mendatangkan ridha Allah SWT.

“Beberapa amalan tersebut pernah ditanyakan oleh para sahabat kepada Rasulullah begitu juga sebaliknya, seperti Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali. mereka berkeyakinan dan memiliki alasan beberapa amalan yang telah disebutkan di atas adalah amalan-amalan yang paling dicintai dan disenangi oleh Allah SWT,” kata Ustad Muhammad Ihsan S. Pd.I., MA saat mengisi kajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) yang digelar  di warkop Solong Jembatan Pango, Banda Aceh, Rabu (31/8/2022) malam.

Misal Abu bakar menyatakan, sedekah merupakan amalan yang terbaik, karena menurut Abu Bakar sedekah dapat memberatkan timbangan kebaikan hamba di yaumil mahsyar. Di dunia Allah memberikan keberkahan dan melipatgandakan rezeki seorang itu.

"Sedekah juga amalan terbaik bagi orang-orang yang telah meninggal dan berada di alam barzah, dan ia adalah lentera paling terang di sana," kata Ustadz Ihsan yang juga Imuem Chiek Masjid Babul Mawaddah Makodam IM.

Kemudian, Umar bin Khattab menyatakan jihad di jalan Allah merupakan amalan terbaik karena mereka para pejuang Islam sudah berjuang menegakkan agama Allah dengan sebenar-benarnya jihad dan meninggal dalam syahid. Maka sudah sepatutnya amalan yang mereka lakukan dicintai oleh Allah SWT.

Sementara Usman memiliki pandangan, jika amalan terbaik dan mendatangkan ridha Allah adalah ta'lil Al Quran atau membaca sekaligus mempelajari Al Quran, alasannya karena Rasulullah sendiri pernah bersabda.

"Bacalah oleh mu Al Quran, karena sesungguhnya ia akan menjadikan penolongmu di hari akhirat," kata Ustadz sambil mengutip sabda Rasulullah.

Ali bin Abi Thalib memiliki pandangan bahwasanya amalan yang terbaik di hadapan Allah adalah semua ibadah baik dan benar asalkan diterima di sisi Allah, seperti sedekah yang diterima oleh Allah dan ibadah lainnya.

Syarat amalan diterima oleh Allah SWT kata Ustadz Ihsan, sebahagian ulama berpendapat lakukan amalan dan ibadah tersebut berdasarkan ilmu, sebagaimana Allah menegaskan dalam surat Az-Zumar ayat 9 yang artinya

"Katakanlah, adakah sama orang-orang yang mengetahui (berilmu) dengan orang-orang yang tidak mengetahui?, sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran" (QS; Az-Zumar:9). Kemudian amalan tersebut juga harus dilakukan dengan ikhlas karena Allah SWT.

"Inilah beberapa amalan yang dicintai oleh Allah, mudah-mudahan kita bisa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022