Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki meminta Sekda Aceh Bustami untuk membangun komunikasi yang intens dengan berbagai pemangku kepentingan guna menuntaskan berbagai tantangan pembangunan Aceh ke depan yang sangat beragam dan dinamis.

“Pemerintah Aceh tentu tidak bekerja sendiri. Ada banyak pemangku kepentingan yang terlibat, karenanya Saya minta agar semua tugas dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dan senantiasa aktif membangun komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan,” kata Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis.

 

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik Bustami sebagai Sekda Aceh menggantikan Sekda sebelumnya Taqwallah. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 104/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Aceh.

Ia menjelaskan Seorang Sekda berperan membantu Kepala Daerah menyusun program kerja dan mengkoordinasikannya dengan semua satuan kerja dan Sekda juga berperan menjalankan fungsi pengawasan terhadap kebijakan, pembinaan administrasi, dan pembinaan aparatur. 

“Perlu digaris bawahi bahwa Sekda sangat berperan mempercepat realisasi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, sehingga membutuhkan komitmen dan ketegasan sikap sesuai kewenangan yang dimiliki,” katanya.

Ia mengatakan saat ini Aceh berhadapan dengan berbagai problem sosial, mulai dari masalah kemiskinan, inflasi yang tinggi, kualitas kesehatan, pengangguran, investasi yang belum memuaskan dan pertumbuhan ekonomi.

“Jika pembangunan diibaratkan Kereta Api, Pemerintah adalah lokomotifnya. Tidak terjadi pergerakan apapun manakala lokomotif tidak bergerak aktif. Di sinilah peran seorang Sekda sangat penting sebagai ‘dirijen’ yang mengatur harmoni kinerja seluruh instansi,” katanya.

Ia juga mengatakan Sekda juga harus mampu menerjemahkan seluruh aturan dari Pemerintah Pusat dan ketentuan lain dari Kementerian/ Lembaga.

“Saya berharap amanah ini dapat dijalankan dengan baik agar roda Pemerintahan Aceh bergerak cepat, akurat, dan efektif dalam menjawab semua tantangan yang ada,” katanya.

Pj Gubernur Aceh juga menyampaikan terima kasih kepada Taqwallah mantan Sekda Aceh yang hadir langsung dalam kegiatan pelantikan Bustami,. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan dari Taqwallah ke Bustami.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022