Pj Bupati Aceh Barat Daya,  (Abdya), Darmansah menginstruksikan dinas terkait untuk  meluruskan saluran air di kawasan Paya Laot,  Kecamatan Manggeng yang menjadi langganan banjir saat tingginya intensitas hujan.

"Kami sudah turun dan mengukur saluran air untuk diluruskan sebagai upaya antisipasi banjir di Paya Laot, Kecamatan Manggeng, dan saya sudah instruksi dinas terkait untuk meluruskan saluran air di kawasan itu, " kata Pj Bupati Darmansah di Blangpidie, Senin

Menurut Darmansah, proses perpindahan saluran air agar menjadi lurus, panjangnya sekitar 200 meter dan tanah warga yang terkena untuk pembangunan saluran akan diganti rugi oleh pemerintah daerah. 

Pemerintah daerah berusaha meluruskan saluran itu sebagai upaya mencegah banjir saat hujan deras melanda, di mana kawasan itu menjadi langganan banjir disebabkan saluran air yang tidak lurus. 

“Saat hujan deras melanda, air yang mengalir dari hulu ke hilir jadi tersendat lalu naik ke permukaan badan jalan nasional hingga banjir. 

Disamping jalan nasional,  banjir kerap juga mengenangi permukiman dan lahan pertanian. 

Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Abdya, Salman Al-Farisi mengaku telah menerima instruksi kepala daerah tersebut dan bahkan dirinya ikut serta bersama Pj bupati melakukan pengukuran pembebasan lahan untuk meluruskan saluran sebagai upaya antisipasi banjir.

Ia mengatakan, dengan diluruskannya saluran air tersebut, tentu dapat meminimalisir banjir yang selama ini kerap merendam permukiman, dan lahan pertanian di kawasan Paya Laot itu

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022