Sebanyak 2.446 siswa dari 47 TK dari Banda Aceh dan 19 TK dari Aceh Besar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Wisata Edukasi Islami di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Ketua Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-Kanak Provinsi Aceh, Ferdian di Banda Aceh, Rabu mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan media edukasi pada anak-anak untuk menumbuhkan nilai-nilai Islam sejak dini. 

"Kita konteksnya pendidikan agama Islam, pastinya ada kegiatan yang dilaksanakan momen-momen peringatan hari besar umat Islam, seperti manasik haji, Isra Mi'raj, dan 1 Muharram," katanya. 

Ia menjelaskan masing-masing TK membawa hidangan untuk maulid berbalut kain motif khas Aceh berwarna merah dan kuning. 

Berbeda dengan biasanya, hidangan tersebut tidak berisikan bu kulah, tetapi berisi berbagai macam kue khas Aceh dan kue-kue lainnya yang bisa dikonsumsi siswa TK. 

"Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu Sehari Berbudaya Pasti Aceh (Seudati), masing-masing TK membawa hidangan yang bisa dimakan oleh siswa," katanya. 

Kabid PAI Kanwil Kemenag Aceh, Khairul Azhar berharap kegiatan tersebut tidak hanya berupa kunjungan wisata ke Masjid Raya Baiturrahman saja, melainkan juga bisa memberi edukasi bagi generasi penerus.

"Mudah-mudahan pada hari ini merupakan cikal bakal lahirnya wisata edukasi Islami, bukan hanya melihat tempat bersejarah," katanya. 

Sebelum menikmati hidangan maulid yang telah dibawa, para siswa TK diajak mendengarkan ceramah maulid yang disampaikan oleh Ustad Mubassyir.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022