Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menetapkan Desa Lueng Gayo sebagai sentral produksi garam rakyat paya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kabupaten setempat.

Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin di Calang, Senin mengatakan Kabupaten Aceh Jaya mempunyai garis pantai sepanjang 252 Kilometer dan sangat memungkinkan menjadi kawasan produksi garam di kawasan Barat – Selatan Aceh.

“Kita rencanakan pada tahun 2023 akan membangun industri garam rakyat di Desa Lueng Gayo ini. Program ini untuk mengubah cara pengolahan garam yang semula bersifat tradisional dan lebih modern dengan menggunakan teknologi,” kata Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin.

Ia menjelaskan sesuai dengan laporan ada 15 orang yang tergabung dalam kelompok garam rakyat tersebut, dengan luas lahan sekitar lima hektare yang nantinya akan menjadi sumber peningkatan pendapatan masyarakat.

“Saya minta Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Aceh Jaya agar memastikan kemasan, standarisasi maupun yodium dan lainnya terkait produk yang dihasilkan dan memberi pelatihan terhadap anggota kelompok garam rakyat, agar menghasilkan produk garam yang berkualitas,” katanya.

Nurdin juga menambahkan dalam RT/RW dan berdasarkan kajian, Kecamatan Teunom khususnya gampong Lueng Gayo sangat cocok dijadikan sentra produksi garam.

Ia mengatakan secara historis kawasan itu sudah dikenal sebagai penghasil garam tradisional sejak dulu.

Nurdin juga berharap petani garam di daerah itu agar terus belajar dengan teknologi baru dan hal yang baru, agar profesi petani garam menjadi profesi yang mendatangkan kemanfaatan ekonomi yang besar.

“Kita ingin petani garam menjadi korporasi, dengan membuka akses serta dapat bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak dalam produksi garam nantinya,” katanya.

Keuchik Lueng Gayo Adianto, mengatakan dari sejarah pesisir pantai Aceh Jaya khususnya gampong Lueng Gayo sejak dulu masyarakat bermata pencaharian sebagai petani garam.

“Kita terkendala bahan bakar berupa kayu. Kami menyampaikan terima kasih atas respon cepat dari Pemerintah Aceh Jaya dalam hal ini Pj Bupati Nurdin dengan program membangun industri garam rakyat. Ini akan menggiatkan kembali petani garam di gampong Lueng Gayo,” katanya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022