Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Program Studi Diploma III Manajemen Informatika dan Teknik Elektronika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menawarkan jalur masuk afirmasi untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2016.

"Jalur masuk ini merupakan jalur khusus undangan tanpa test dengan syarat-syarat tertentu," kata Dekan Fakultas MIPA, Unsyiah, Dr T M Iqbalsyah di Banda Aceh, Rabu.

Ia menyebutkan, pihaknya akan menerima sebanyak 40 mahasiswa baru untuk D3 Teknik Elektronika (TE) dan 80 mahasiswa baru untuk D3 Manajemen Informatika (MI) dari berbagai jalur masuk tahun 2016.

Ia menjelaskan, sebanyak 20 orang dari jumlah yang akan diterima di Prodi D3 TE dan 24 orang dari mahasiswa baru D3 MI akan diterima melalui jalur afirmasi, sementara sisanya akan diterima melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) dan Ujian Mandiri Diploma.

Iqbalsyah mengatakan, jalur afirmasi yang dibuka tersebut guna menjawab minat para lulusan SMA/MA/SMK yang berkeinginn melanjutkan studi pada kedua prodi tersebut.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar pada program tersebut di antaranya nilai rapor di atas KKM dalam tiga semester terakhir serta mendapatkan rekomendasi dari wali kelas atau kepala sekolah. Selain itu, peserta yang memiliki prestasi tertentu dalam bidang sains, olah raga, seni dan MTQ akan diprioritas diterima melalui jalur tersebut.

Ia menambahkan kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan kedua prodi diploma di FMIPA masih tinggi, terbukti dari tingginya serapan dunia kerja terhadap alumni tersebut.

"Sebagian besar alumni kedua prodi ini bahkan telah bekerja di beberapa instansi dan perusahaan, serta menjadi wirausahawan di berbagai kota di Indonesia.

Informasi lengkap tentang jalur masuk afirmasi ini dapat diakses di laman http://fmipa.unsyiah.ac.id/," demikian Iqbalsyah.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016