Hujan deras melanda Kabupaten Aceh Jaya sejak Jumat (04/11) siang menyebabkan tujuh gampong/desa dalam dua Kecamatan terendam banjir.

Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri di Calang, Sabtu mengatakan kedua  Kecamatan yang tergenang banjir di Aceh Jaya pada Sabtu (05/11) yaitu Kecamatan Teunom dan Pasie Raya. 

Ada pun Fajri tujuh Desa yang tergenang banjir yaitu Kecamatan Teunom Gampong Pasie Geulima yang terdampak 55 Kepala Keluarga 163 jiwa.

Kemudian Kecamatan Pasie Raya ada enam Gampong yaitu Gampong Tuwi Peuriya, 22 Kepala Keluarga 90 jiwa, Gampong Pulo tinggi, 110 Kepala Keluarga, 383 jiwa, Gampong Pasie Teubee, Gampong Timpleung,  Gampong Tuwi Kareung, Gampong Lhok Guci, 23 kepala Keluarga 80 Jiwa. 

Kalak BPBK mengatakan untuk sementara debit air sudah mulai berangsur surut namun tidak menutup kemungkinan apabila hujan kembali turun hingga esok hari akan kembali terjadi banjir. 

Ia menjelaskan ketinggian Air di Jalan lintas menuju Pasie Raya dari Teunom sebelumnya sempat terganggu karena air merendam badan jalan sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan baik roda dua dan empat, namun sekarang sudah mulai surut dan mulai bisa dilewati.

ia mengatakan banjir yang mengenangi badan jalan tersebut disebabkan karena air naik dan tanggul penahan di sejumlah pinggir sungai Teunom tidak berfungsi.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022