Polda Aceh mengirim bantuan logistik berupa beras dan obat-obatan dengan menggunakan helikopter guna membantu korban banjir di Aceh Tamiang.

"Bantuan logistik dari Kapolda Aceh ini nantinya akan didistribusikan ke beberapa wilayah terdampak banjir sesuai dengan data laporan di lapangan,” kata Karo Ops Polda Aceh Kombes Agus Sarjito yang mengantar langsung logistik ke Aceh Tamiang, Minggu.

Ia menjelaskan berdasarkan informasi semua kecamatan di Aceh Tamiang terdampak banjir bahkan ada yang terisolir. 

Karena itu bantuan logistik dari Polda Aceh akan difokuskan untuk empat kecamatan terparah yakni Tamiang Hulu, Bendahara, Bandar Pusaka dan Kota Kuala Simpang.

"Pendistribusian bantuan ke semua wilayah itu akan diteruskan secara bertahap personel Polres bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjangkau desa-desa yang terisolir," katanya.

Menurut Agus bantuan sosial dari kepolisian tidak hanya beras, tapi ada juga obat-obatan untuk kesehatan warga. 

"Semua pihak instansi pemerintah dan kepolisian semuanya terus memberi bantuan tanggap bencana tidak hanya di Aceh Tamiang, ada kabupaten lain juga terdampak banjir. Aceh Selatan juga ada, Bireuen dan Aceh Tenggara terdampak," kata Agus.

Terkait dengan lumpuhnya arus lalu lintas dari Medan ke Banda Aceh utamanya, Karo Ops Polda Aceh ini mengaku tidak meremehkan, karena biasanya kalau di hulu hujan dan wilayah hilir yang notabene adalah laut tentunya bencana banjir akan berkelanjutan.

Namun demikian dia menilai lumpuhnya arus lalu lintas itu sendiri tidak semuanya kendaraan tapi sporadis.

"Kita maklumi kemacetan yang muncul sudah mencapai ibu kota Kabupaten Aceh Tamiang yang dilalui oleh masyarakat pengguna kendaraan. Ini tinggal menunggu air surut saja," katanya.

Agus menambahkan walaupun kendaraan roda empat dan 10 bisa melakukan perjalanan, namun kembali dari kehati-hatian dari para sopir itu sendiri.

"Tentunya dari kepolisian mengingat arus lalu lintas itu sangat penting untuk aspek perekonomian daerah dan lainnya, maka itu rekan-rekan dari Lalu Lintas akan terus mengatur jalur sistem buka tutup untuk truk-truk pengangkut sembako," katanya

Sementara itu Aceh Tamiang juga menerima bantuan logistik dari BPBA berupa bahan pangan yaitu 1000 zak beras, air mineral, gula pasir, mie instan, minyak goreng dan 1.800 butir telur.

Kemudian 600 ikan kaleng, kecap dan sambal masing-masing 100 botol.

Saat meninjau bencana alam banjir di daerah ujung timur Aceh ini turut didampingi sejumlah PJU Polda Aceh, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali dan sejumlah perwira lainnya.

 

Pewarta: Dede Harison

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022