Petani di Gampong Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penyemprotan massal dalam upaya membasmi hama walang sangit yang menyerang tanaman padi mereka sejak sepekan terakhir.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holticultura, Dinas Pertanian Abdya, Darwis di Blangpidie mengatakan hama walang sangit biasanya menyerang tanaman padi pada sore hari secara terus menerus. 

"Bunga atau malai padi yang diserang hama ini langsung gugur hingga padi tidak berbuah. Meski berbuah ketika dipanen tidak ada isinya alias hampa," katanya

Sebelum melaksanakan kegiatan penyemprotan,petugas dari Dinas Pertanian Abdya menyerahkan insektisida secara gratis kepada para petani yang memiliki lahan sawah di kawasan itu. 

Menurut dia hasil panen mencapai enam ton per hektare setelah diserang hama walang sangit tingkat produksi turun jadi 3-4 ton per hektare.

Oleh Karena itu, Pihaknya mengingatkan para petani harus waspada terhadap serangan hama tersebut.

“Jika tanaman padi diserang hama segera diatasi dengan menyemprotkan tanaman padi tersebut. Biasanya hama itu setelah disemprot dengan insektisida langsung mati dan tidak lagi menyerang tanaman padi petani, sehingga tanaman padi akan terhindar dari ancaman gagal panen," katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022