Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Aceh, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah menggelar pasar murah guna menekan inflasidi kabupaten kepulauan tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Simeulue Novikar Setiadi di Simeulue, Rabu, mengatakan selain menekan inflasi, pasar murah tersebut juga untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok.

"Pasar murah merupakan operasi untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok serta menekan inflasi di kabupaten kepulauan di Samuera Hindia ini," kata Novikar Setiadi.

Novikar Setiadi mengatakan pasar murah digelar di tiga kecamatan di Kabupaten Simeulue. Pasar murah berlangsung sejak 7 hingga 9 November 2022.

Adapun tiga kecamatan yang menjadi lokasi pasar murah yakni Kecamatan Teupah Barat, Kecamatan Teupah Selatan, dan Kecamatan Simeulue Timur. Sasaran pasar murah adalah masyarakat menengah ke bawah.
 
"Harga yang dijual di pasar murah lebih rendah dari harga pasar. Operasi pasar murah ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat," kata Novikar Setiadi.

Novikar Setiadi mengatakan di pasar murah tersebut menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, minyak makan, telur, mi instan, dan lainnya.

Gula pasir, kata Novikar Setiadi, dijual Rp21 ribu per dua kilogram, minyak goreng Rp30 ribu per dua liter, telur ayam Rp35 ribu per papan, beras Rp70 ribu per 10 kilogram, dan tepung terigu dijual Rp11 ribu bungkus.

"Operasi pasar ini kami lakukan untuk menekan harga kebutuhan pokok di pasaran. Pasar murah tersebut juga upaya mengendalikan inflasi di Kabupaten Simeulue," kata Novikar Setiadi. 

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022