Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) panahan menjadi ajang evaluasi dari pembinaan yang dilakukan Pengurus panahan kabupaten/kota di Aceh dan menjaring 24 pemanah terbaik untuk masuk pemusatan latihan daerah (Pelatda) 2023 sebagai persiapan menghadapi PON XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara.

Demikian antara lain disampaikan Ketua Umum Pengurus Provinsi Perkumpulan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Aceh, Prof Dr Nyak Amir, M.Pd kepada wartawan saat dimulai lomba panahan Kejurprov di lapangan Prof Dr Ali Basyah Amin, Stadion Mini Universitas Syiah Kuala (USK), Darussalam, Banda Aceh, Rabu (9/11).
 
Nyak Amir menyebutkan, pagelaran Kejurprov ini merupakan kelender event Perpani Aceh yang digelar setiap tahun, namun pelaksanaan Kejurprov tahun spesifik dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Kejurprov dimulai, panahan diharap jadi ruh olahraga Aceh

"Kejurprov tahun ini menjadi ajang evaluasi dari pembinaan yang dilakukan Perpani kabupaten/kota. Dari event ini kita akan menjaring 24 atlet untuk masuk Pelatda 2023 sebagai persiapan menghadapi PON XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara," kata profesor olahraga ini.

Kecuali itu, sebutnya, Kejurprov yang akan berlangsung 8 - 13 November 2022 di Lapangan Prof Dr Ali Basyah Amin, Stadion Mini Universitas Syiah Kuala (USK) ini juga ajang pemanasan atau ujicoba (try out) bagi pemanah yang akan mengikuti Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV yang akan digelar di Pidie, 10 - 22 Desember 2022.

Disebutkannya, event Kejurprov ini diikuti  400 pemanah utusan dari 23 pengurus kabupaten/kota (Pengkab/Pengkot) Perpani di Aceh.

Nyak Amir menjelaskan, Kejurprov memperlombakan tujuh divisi untuk kategori kelompok usia dan umum yaitu divisi FITA recurve umum putra/putri, divisi FITA compound umum putra/putri, divisi nasional usia 9, 12, 15 putra putri, divisi nasional kategori umum putra/putri dan divisi berebow kategori umum putra/putri.

Pewarta: Release

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022