Sabang (ANTARA Aceh) - Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cot Ba U Kota Sabang menayangkan prakiraan cuaca setiap hari di pelabuhan Balohan, pulau paling ujung barat Indonesia.

"Kami dari stasiun Cot Ba U memasang display indoor di Pelabuhan Balohan Sabang untuk menayangkan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika," kata Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang Siswanto, di Sabang, Jumat.

Siswanto mengakui, untuk sementara lokasi pemasangan display indoor itu masih dikonsentrasikan di area Pelabuhan Balohan Sabang, dikaranekan pelabuhan itu merupakan pelabuhan utama penyeberangan Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya.

"Kami berharap display perdana yang dipasang Kamis (4/8), dapat membantu masyarakat memperoleh informasi prakiraan cuaca saat hendak melakukan aktivitas pelayaran maupun kegiatan para nelayan," ujarnya lagi.

Selain itu, menurutnya, dengan adanya informasi MKG tersebut pengguna jasa pelayaran Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya serta masyarakat nelayan, dengan mudah bisa memperoleh informasi prakiraan cuaca setiap saat.

"Kami dari Stasiun Meteorologi Cot Ba U Sabang juga akan meluncurkan desain web, sehingga seluruh produk informasi MKG seperti cuaca harian, rilis cuaca ekstrem, cuaca perairan, gelombang laut dan potensi angin kencang maupun puting biliung yang berada di wilayah Pulau Weh dan sekitarnya ditampilkan dalam web itu," kata Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang itu pula.

Menurutnya, melalui web di Stasiun Meteorologi Kota Sabang juga akan menampilkan informasi gempa bumi yang berpotensi tsunami.

"Media diseminasi atau sarana penyebaran informasi MKG yang ada di Kota Sabang saat ini melalui internet, email, fax, media sosial, display indoor, running text dan web," ujar Siswanto.

Adapun sarana informasi di atas kesemuanya menjadi sarana penguatan komunikasi MKG yang terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi dan disesuaikan juga dengan kondisi masyarakat.

"Masyarakat saat ini disuguhi informasi MKG langsung dekat dari sumbernya, dan informasi tersebut langsung bisa diakses melalui telepon seluler yang berbasis android," ujarnya lagi.

Pihaknya juga menaruh harapan, dengan terbangun media diseminasi info MKG itu, membuat masyarakat secara umum mudah memperoleh perkembangan informasi prakiraan cuaca.

"Sajian informasi yang sudah kami luncurkan itu inovasi dan gagasan yang sifatnya dapat mendukung pelayanan prima kepada masyarakat, dan akan selalu dimunculkan dari BMKG Kota Sabang," kata dia lagi.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016