Balamang basamo atau memasak lemang bersama diikuti 260 gampong dari 18 kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan memeriahkan penutupan Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan.

Balamang basamo tersebut dipusatkan di RTH Taman Pala Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, Minggu. Kegiatan tersebut merupakan pokok pikiran Anggota DPRA Hendri Yono.
 
Dalam kegiatan tersebut, lemang yang dimasak mencapai 2.600 batang. Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan secara resmi ditutup Bupati Aceh Selatan Tgk Amran diwakili Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Selatan Kamarsyah.

Penutupan Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan tersebut turut dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), Kadis Koperasi dan UMKM Aceh, Kadis Perindagkop Aceh Selatan.

Kemudian, para Kepala SKPK, Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan, Ketua DWP Kabupaten Aceh Selatan, Ketua Persit KCK Kodim 0107/Asel, serta Organisasi wanita lainnya, Muspika Tapaktuan, para camat dan keuchik se Kabupaten Aceh Selatan serta para undangan.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Selatan Kamarsyah mengatakan kegiatan tersebut mendukung UMKM kuliner di kabupaten tersebut

"Kita ketahui bersama bahwa usaha mikro, kecil dan menengah atau dikenal dengan UMKM menjadi garda terdepan menuju kebangkitan ekonomi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat," kata Bupati. 

Menurut Bupati, Festival dan Demo Produk UMKM Kuliner Aceh Selatan tersebut merupakan bentuk kepedulian bersama dalam mendukung para pelaku UMKM agar terus bertumbuh menjadi lebih baik.

"Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap kekayaan kuliner yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. Kegiatan itu juga merupakan rangkaian HUT Aceh Selatan ke 77," ungkap Tgk Amran.

Bupati berharap agar promosi produk UMKM serta kekayaan kuliner Aceh Selatan dapat pula dipublikasikan bersama secara lebih luas melalui teknologi digital.

Tgk Amran mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini, dan juga berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di masa mendatang.

Kuliner balamang (lemang) Kabupaten Aceh Selatan merupakan warisan budaya nonbenda yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Di mana sehari sebelumnya juga ditampilkan demo gulai taleh yang diikuti 18 kecamatan dengan racikan menu masing-masing.

Festival tersebut diselenggarakan 18 hingga 20 November 2022 yang merupakan kerja sama Dinas Koperasi dan UMKM Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Disperindagkop. 

Pada festival tersebut dipilih tiga pemenang terbaik lomba balamang basamo dengan total hadiah Rp20 juta. Lemang hasil racikan dari semua kecamatan tersebut dapat dinikmati oleh pengunjung.

Adapun juri dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Selatan Kailida, selaku ketua, selanjutnya juri profesional dari Jakarta dan Medan, seorang juri dari Provinsi Aceh dan seorang dari Kabupaten Aceh Selatan.

Hasil keputusan juri menetapkan Kecamatan Meukek sebagai juara pertama dengan hadiah uang tunai, juara kedua Kecamatan Trumon, serta Kecamatan Trumon Tengah sebagai juara ketiga.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022