Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) untuk membersihkan tumpukan sampah di bawah jembatan penghubung di Gampong Padang Geulumpang untuk mencegah luapan air sungai saat hujan.

"Saya minta pak Asisten secepatnya perintahkan dinas terkait untuk melakukan pembersihan sampah dan tumpukan tanah (sedimentasi) yang mengendap dibawah jembatan penghubung antar Kecamatan itu," kata Pj Bupati Darmansah di Blangpidie, Ahad.

Pernyataan itu disampaikannya saat meninjau kondisi jembatan penghubung Gampong Padang Geulumpang Kecamatan Jeumpa dan Gampong Ujong Padang, Kecamatan Susoh, dipenuhi tumpukan sampah dan sedimentasi sungai bersama rombongan Forkopimkab setempat.

Menurut Pj Bupati Darmansah jika sampah dan sedimentasi itu dibiarkan menumpuk di dalam sungai maka saat musim hujan tiba, air sungai menjadi tersumbat meluap ke permukaan lalu merendam rumah-rumah masyarakat.

Disamping itu Pj Bupati Abdya juga memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) daerah itu agar secepatnya mengajukan rencana pembangunan jembatan baru karena kondisi infrastruktur lama itu sudah mulai rusak akibat di makan usia.

"Jembatan penghubung antar Kecamatan itu tidak layak lagi pakai. Jadi,  sudah seharusnya dibangun baru oleh Pemerintah Daerah agar akses masyarakat dari dua Kecamatan itu menjadi lancar," kata Darmansah.

Pj Bupati juga mengimbau kepada seluruh warga Abdya agar tidak membuang sampah di sungai, selain kotor, aliran air sungai juga tidak lancar dan meluap ke permukaan hingga merendam rumah-rumah warga.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022