Harga Gabah Kering Panen (GKP) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bertahan Rp5.200 per kilogram meskipun musim panen raya padi gadu di daerah sentral pertanian tersebut memasuki musim akhir panen.

Hasanusi, salah seorang petani Gampong Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya, Selasa, mengatakan harga gabah panen dengan mesin potong modern ditampung pedagang masih di kisaran Rp5.100 hingga Rp5.200 per kilogram.

"Alhamdulillah masih bertahan walaupun musim panen akan berakhir harga gabah yang baru kami panen di sawah masih di kisaran Rp5.100 hingga Rp5.200 per kilogram masih sama dengan harga di awal musim panen, " katanya

Adapun musim panen raya padi di sejumlah sentral pertanian di Kabupaten Abdya dimulai pada awal September dan akan berakhir Desember 2022.

"Biasanya di akhir panen harga gabah turun. Berbeda dengan tahun ini harganya tetap tinggi sebagaimana diharapkan agar ekonomi masyarakat petani menjadi lebih sejahtera,” katanya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Abdya, Darwis mengatakan luas areal sawah yang hampir selesai panen itu sekitar 8.299 hektare tersebar di sembilan kecamatan.

Ia menyebutkan dari total luas lahan tersebut, sekitar 800 hektare sawah tersebut masih tadah hujan dan yang lainnya telah memiliki irigasi teknis.

 

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022