Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Group  kesenian Miladomus memperkenalkan kesenian dan budaya Tiongkok di pentas Aceh International Rapa'i Festival 2016 yang berlangsung di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Senin malam.

Sekolah musik berbasis internasional culture ini telah tampil pada Sabtu sore di Museum Tsunami, Banda Aceh dan malam ini akan tampil kembali untuk menghibur pengunjung di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

"Sekarang ini kami berbasis di Jakarta. Grup kesenian ini berasal dari sekolah musik yang didirikan bernama Miladomus," kata Ketua Pengurus sekaligus Pimpinan Sekolah Musik Miladomus, Anes Guo di Banda Aceh, Senin.

Anes menjelaskan Guzheng adalah alat musik yang berasal dari Tiongkok sekitar 2000 tahun yang lalu. Guzheng juga dikenal sebagai Qin Zheng karena berasal dari Dinasti Qin (221-206 SM), terletak di Provinsi Shaanxi. Alat musik ini juga populer pada Dinasti Tang (618-907 M).

Selain membawa alat musik tradisional Tiongkok, para personil Miladomus tampil dengan pakaian tradisional bernama Cheong San (pakaian laki-laki) dan Dynasti Han (pakaian perempuan).

Ia mengatakan Group kesenian Miladomus telah mempersiapkan diri sebulan sebelum tampil pertama kalinya di AIRF 2016.

Aceh International Rapa'i Festival 2016 akan berlangsung dari 26-30 Agustus tersebut turut dimeriahkan oleh gruop seni dalam dan luar negeri.

Dalam even tersebut ada lima negara yang ikut  memeriahkan kegiatan Aceh Internasional Rapa'i Festival 2016 yakni Jepang, Malaysia, Thailand, Tiongkok dan Iran.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016