Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh bertekad untuk menjadikan kegiatan Aceh Internasional Rapa'i Festival (AIRF) 2016 menjadi even tahunan di provinsi itu.

"Insya Allah kegiatan yang baru selesai dilaksanakan ini akan menjadi even rutin di Provinsi Aceh," kata Kepala Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan kegiatan yang berlangsung sejak 26-30 Agustus 2016 yang turut dimeriahkan group seni dalam dan luar negeri serta musisi dibelantikan musik Tanah Air seperti Tompi mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Disbudpar Aceh manargetkan akan mengundang lebih banyak lagi peserta dan jumlah negara yang akan andil bagian untuk memeriahkan AIRF tahun berikutnya sebanyak 15 negara.

Ia menyebutkan pada Aceh International Rapa'i Festival 2016 yang berlangsung dari 26-30 Agustus ada lima negara yang ikut andil bagian dan memeriahkan kegiatan tersebut yakni Jepang, Malaysia, Thailand, Tiongkok dan Iran.

"Kita juga akan evaluasi terhadap berbagai kegiatan yang diselenggarakan selama AIRV 2016 sebagai perbaikan untuk kegiatan selanjutnya ini dan kita berharap kegiatan ini nantinya dapat menjadi even unggulan di Aceh," katanya.

Pihaknya meyakini melalui even yang diselanggarakan tersebut akan menjadi salah satu upaya menarik kunjungan wisatawan nusantara dan asing untuk datang berkunjung ke provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

'Kami optimistis target kunjungan wisata ke Aceh akan tercapai seiring terus meningkatnya beragam kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya di provinsi ini,' demikian Reza.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016