Personel Satuan Polisi Air Udara Polres Aceh Barat meningkatkan patroli rutin di sekitar perairan dan komunitas nelayan di Aceh Barat, sebagai upaya untuk mencegah adanya premanisme bagi masyarakat nelayan.

“Peningkatan patroli ini kita lakukan demi melindungi nelayan dari aksi premanisme,” kata Kepala Satuan Polairud Polres Aceh Barat Iptu TN Samosir di Meulaboh, Senin.

Ia mengatakan, ada pun bentuk patroli yang dilakukan tersebut dengan cara mendatangi setiap lokasi komunitas nelayan di Aceh Barat, termasuk melakukan komunikasi dengan komunitas panglima adat laut setempat.

Selain itu, personel kepolisian juga turut memberikan imbauan kepada masyarakat nelayan agar dapat meningkatkan kewaspadaan, dan ikut serta dalam memelihara keamanan ketertiban masyarakat di Kabupaten Aceh Barat.

Iptu TN Samosir juga mengatakan peningkatan patroli yang dilakukan tersebut dilakukan secara rutin yang dimulai sejak pagi hari, siang dan malam hari ke sejumlah
lokasi di Aceh Barat.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat nelayan dan masyarakat sipil, agar dapat melaporkan kepada pihak kepolisian apabila terdapat praktik premanisme di komunitas nelayan Aceh Barat, sehingga kepolisian dapat mengambil tindakan sesuai aturan hukum yang berlaku.

Iptu TN Samosir juga mengatakan pihaknya akan menindak tegas apabila menemukan adanya praktik premanisme di komunitas nelayan, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Sementara itu, Panglima Laut Panggong, Meulaboh, Aceh Barat, Fajar Fitriadi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi peningkatan patroli rutin yang digelar Satuan Polisi Air Udara Polres Aceh Barat untuk memberikan perlindungan kepada nelayan.

“Kami sangat berterima kasih dengan kegiatan patroli ini, sehingga masyarakat nelayan merasa aman saat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan lancar,” tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023