Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Seorang bakal calon wali kota (cawakot) Banda Aceh Prof Marniati harus menjalani tes mengaji atau uji mampu baca Alquran di luar Masjid Agung Almakmur, Banda Aceh, Kamis, karena berhalangan mengalami penyakit bulan perempuan.

Sedangkan tiga bakal calon Wali kota dan empat bakal calon wakil wali kota lainnya menjalani uji baca Alquran di dalam masjid kebanggaan masyarakat Banda Aceh tersebut.

Prof Marniati merupakan Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Banda Aceh. Prof Marniati mencalonkan diri sebagai wali kota berpasangan dengan Amiruddin Usman Daroy sebagai calon wakil wali kota. Pasangan ini mencalonkan lewat jalur perseorangan atau independen.

Sedangkan pasangan bakal calon lainnya yang menjalani tes mengaji di dalam masjid, yakni Aminullah Usman dan Zainal Arifin, pasangan Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar, dan pasangan Adnan Beuransyah dan Umar Rafsanjani.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh Munawar Syah mengatakan, Prof Marniati menjalani uji mampu baca Alquran di luar masjid karena berhalangan bulanan.

"Yang bersangkutan memberitahukan kepada kami bahwa dianya berhalangan kemarin malam. Karena berhalangan, yang tidak bisa masuk masjid," kata Munawar Syah.

Terkait hasil uji mampu baca Alquran, Munawar Syah mengatakan, dewan juri dalam waktu dekat menyerahkan hasil penilaiannya terhadap masing-masing bakal calon.

"Dewan juri menyampaikan apakah bakal calon mampu atau tidak mampu. Jika tidak mampu, maka bakal calon harus diganti dengan kandidat lain, apakah itu bakal calon wali kota atau bakal calon wakil wali kota," kata dia.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh 2017-2022 digelar pada 15 Februari 2017. Pemilihan itu digelar serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dan pemilihan 19 bupati/wali kota di Provinsi Aceh.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016