Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh mendapat jatah penerima beasiswa Bidik Misi pada tahun akademik 2016 sebanyak 175 orang.

"Kuota yang kita terima sebanyak 175 orang pada tahun ini sementara calon mahasiswa yang mendaftar mencapai 2.000," kata Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry, Dr Muhibbuthabri di Darussalam, Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan pada tahun sebelumnya, UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh mendapat kuota untuk beasiswa yang diberikan bagi mahasiswa berprestasi bidang akedemik namun tidak mampu secara finansial sebanyak 120 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding jumlah penerima tahun sebelumnya.

"Seleksi penerima beasiswa bidik misi ini dilakukan secara khusus dan para penerima nantinya juga akan diumumkan dan saat ini sedang dilakukan tahap verifikasi terhadap calaon penerima," katanya.

Pihaknya terus berupaya jumlah penerima manfaat terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan adanya penambahan kuota yang diberikan oleh Pemerintah kepada mahasiswa yang melanjutkan studi di perguruan tinggi tersebut.

"Kami yakin dengan bertambahnya jumlah yang diberikan akan banyak lagi mahasiswa yang mampu secara akademik tapi tidak mampu secara finansial dapat melanjutkan studi,"  
   
Beasiswa bidik misi merupakan program bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yang disalurkan melalui DIPA Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Bidik misi adalah bantuan sosial berupa biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik dan tidak mampu secara ekonomi untuk melanjutkan studi pada jenjang D3 dan SI.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016