Pemerintah Kota Banda Aceh memberikan bonus sebesar Rp889 juta kepada petugas kebersihan (pasukan oranye) kota setempat, penghargaan tersebut diberikan atas prestasi Piala Adipura yang kembali didapatkan Banda Aceh dari KLHK.

"Kita beri bonus (untuk pasukan oranye) tadi saya sampaikan sesuai kemampuan kita sebesar Rp889 juta," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq di Banda Aceh, Rabu.

Hal itu disampaikan Bakri Siddiq usai melaksanakan pawai dan penyambutan Piala Adipura 2022 di Taman Bustanussalatin Banda Aceh. 

Adapun jumlah petugas kebersihan di Banda Aceh saat ini mencapai 565 orang. Sehari-hari mereka dibagi ke dalam dua shift untuk bekerja pagi dan siang hari. Namun, saat hari besar seperti Idul Fitri dan Adha dilakukan lagi penambahan satu shift kepada pekerja yang ditunjuk.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Banda Aceh kembali meraih piala Adipura 2022 dari KLHK sebagai daerah yang mampu mengelola lingkungan hidup, kebersihan, dan pengelolaan sampah.

Prestasi tersebut menjadi yang ke sepuluh didapatkan ibu kota provinsi Aceh itu, meski sebelumnya sempat absen selama empat tahun yakni terakhir didapatkan pada 2017 silam.

Bakri menyampaikan, bonus tersebut sebagai ucapan terima kasih pemerintah kepada petugas kebersihan yang selama ini telah bekerja keras membersihkan kota mulai dini hari dan subuh. 

"Saya pantau setelah subuh mereka sudah bekerja, hari masih gelap sudah menyapu, maka kita beri bonus. Jangan dilihat besarnya, tetapi wujud perhatian kita kepada petugas yang bekerja sejak subuh," ujarnya.

Selain itu, Bakri juga mengucapkan terima kasih kepada DLHK3 dan masyarakat kota yang selama ini sudah turut berpartisipasi menjaga kebersihan, sehingga Banda Aceh menjadi sebuah kota yang indah, bersih dan nyaman.

Dirinya berharap, ke depan Banda Aceh bisa kembali mendapatkan Piala Adipura tingkat kencana dan mampu bersaing dengan kota metropolitan yang telah mendapatkan prestasi tertinggi itu tahun ini. 

"Adipura ini wujud keberhasilan kita semua, maka mari seluruh stakeholder, petugas dan masyarakat untuk bahu membahu menjaga kebersihan sehingga kita bisa mempertahankan kota Adipura ini," katanya.

Dalam kesempatan ini, Bakri juga mengimbau kepada masyarakat Banda Aceh terus berpartisipasi dengan tidak membuang sampah sembarangan, melainkan harus memilah sampah sehingga petugas lebih mudah mengambilnya.

"Saya yakin kalau dengan bahu membahu Banda Aceh akan selalu bersih dan bisa meraih Adipura kencana," kata Bakri Siddiq.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023