Wakil Ketua Komisi I DPR-RI Teuku Riefky Harsya TRH menyatakan bahwa orang tua memegang peranan penting dalam menciptakan ruang digital yang sehat terhadap anak mereka masing-masing.

"Anak-anak saat ini lebih cepat mengetahui perkembangan teknologi, karena itu orang tua harus berperan untuk menciptakan ruang digital yang sehat kepada anak," kata Teuku Riefky Harsya, di Banda Aceh, Rabu.

Hal itu disampaikan Teuku Riefky saat mengisi webinar APTIKA Kominfo dengan tema "Literasi Keamanan Digital: Melindungi Anak Di Dunia Digital" yang diselenggarakan secara online dan offline.

Riefky menyampaikan, pesatnya perkembangan media dan ruang digital telah membawa banyak perubahan dan berdampak signifikan dalam kehidupan sehari hari, tak terkecuali pada kehidupan anak.

Namun, hal ini tidak berarti mereka belum sepenuhnya memahami penggunaan teknologi dengan baik, bijak dan bermanfaat. 

"Maka, jika tidak didampingi atau diawasi, anak-anak akan mudah terpapar pengaruh negatif dari internet atau menjadi sasaran pengaruh buruk dari kejahatan seperti siber buli (Cyberbullying)," ujarnya. 

Riefky mengatakan, anak-anak merupakan digital native, mereka telah mengenal teknologi mulai sejak kecil, tidak heran jika kemudian dunia digital sudah menjadi bagian yang menyatu atau hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. 

Menghadapi fenomena ini, kata Riefky, orang tua tentu memegang peranan penting dalam menciptakan ruang digital yang sehat bagi anak-anak. 

Artinya, para orang tua benar-benar harus hadir atau tidak hanya sekedar mengawasi saja, tetapi lebih proaktif memperkenalkan internet positif dan memaksimalkan manfaat teknologi digital untuk kebaikan. 

Anggota DPR RI asal Aceh itu menambahkan, teknologi bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan anak dan dunia usaha hingga ekonomi. Pada intinya mereka wajib memahami bahwa teknologi dapat membantu kebutuhan mereka untuk menambah ilmu pengetahuan.

"Di saat bersamaan orang tua juga perlu melakukan batasan atas koneksi internet dan program digital pada anaknya, misalnya membantu memilih aplikasi dan program yang sesuai, dan menyelaraskan dengan waktu penggunaan media digital tersebut," demikian Teuku Riefky Harsya.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023