Dinas Sosial (Dinsos) Aceh berharap ratusan pengungsi Rohingya yang saat ini ditempatkan sementara di UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya Ladong Tuna Sosial sudah harus segera direlokasi, mengingat warga binaan bakal masuk kembali. 

"Karena ini kebutuhan maka harus segera direlokasi, karena kemungkinan anak binaan kita masuk setelah lebaran (Idul Fitri)," kata Kepala Dinsos Aceh Yusrizal, di Banda Aceh, Jumat. 

Yusrizal mengatakan, sejauh ini pihaknya telah membicarakan terkait relokasi pengungsi tersebut dengan Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN). Hanya saja belum ada kepastian soal tempat pemindahan mereka.

Baca juga: Sembilan Rohingya di Pidie kabur dari penampungan Mina Raya

Berdasarkan pembicaraan terakhir, kata Yusrizal, untuk alternatif sementara mereka bakal dipindahkan ke wilayah Kabupaten Pidie bersama para pengungsi lainnya. 

Hal itu memang di Kabupaten Aceh Besar belum ditemukan tempat yang representatif. Sehingga solusinya digabungkan dengan para imigran di Kabupaten Pidie. 

"Alternatif sejauh ini termasuk yang di Pidie itu, digabungkan mereka. Tetapi tidak menutup kemungkinan di tempat lain juga. Pastinya nanti kita tunggu lagi hasil rapat Satgas PPLN," ujarnya. 

Yusrizal menegaskan, pemindahan mereka perlu dipercepat karena memang anak binaan di UPTD Tuna Sosial Aceh segera kembali beraktivitas. Sehingga mereka juga membutuhkan fasilitas tersebut. 

Baca juga: Pemkab Pidie akan pindahkan pengungsi Rohingya dari Mina Raya

"Relokasi mereka memang perlu dipercepat karena memang ini kebutuhan bagi anak-anak binaan," demikian Yusrizal.

Untuk diketahui, saat ini di UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya Ladong Tuna Sosial Dinas Sosial Aceh tersebut saat ini menampung sebanyak 310 imigran Rohingya (satu orang meninggal). Mereka dimasukkan ke sana dari tiga gelombang.

Pertama, sebanyak 57 orang yang terdampar ke Aceh Besar pada 25 Desember 2022, kemudian penambahan 184 jiwa yang baru mendarat kemarin sore (8/1) di wilayah pantai Mesjid Raya Aceh Besar. 

Kemudian, kembali ditambahkan yang baru terdampar pada Kamis 16 Februari 2023 di kawasan pantai Lampanah Leungah Kecamatan Seulimeum Aceh Besar sebanyak 69 orang. Sehingga total saat ini yang ditampung pada UPTD Tuna Sosial Ladong mencapai 309 imigran.

Baca juga: Warga minta pengungsi Rohingnya di pindahkan dari Padang Tiji

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023