Pemerintah Aceh menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam upaya memaksimalkan pelaksanaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII yang akan digelar pada pada 19-27 Agustus 2023 di Banda Aceh.

“Rakor ini bertujuan memperkuat antar instansi lintas sektoral dalam persiapan hingga pelaksanaan PKA,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh Mawardi di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh, Selasa.

Di sela-sela Rakor yang turut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga bagian menyelaraskan ragam program antar instansi dan SKPA untuk berkolaborasi, menampung rencana induk atau visi misi tertentu dari masing-masing instansi dan SKPA/SKPD untuk penyesuaian konten PKA ke-VIII.

Baca juga: Pemerintah Aceh ajak perwakilan negara sahabat berkolaborasi di PKA

Ia mengatakan dalam pelaksanaan PKA ke VIII dibutuhkan dukungan dari semua pihak di mana banyak hal yang harus dipersiapkan.

“Kehadiran seluruh pemangku kepentingan merupakan sinergi bersama dalam menyukseskan PKA tahun ini,” katanya.

Mawardi juga menyampaikan anjungan yang akan ditampilkan nantinya menjadi tanggung jawab dari setiap kabupaten/kota dari daerah masing-masing, sehingga perlu keseriusan dalam melakukan renovasi.

Baca juga: Izin pemakaian taman PKA untuk silaturahmi Anies Baswedan dicabut

Kadisbudpar Aceh, Almuniza menjelaskan lokasi PKA tahun 2023 difokuskan di beberapa titik yaitu Lapangan Tugu Darussalam, Taman Blang Padang, Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin, dan Stadion Harapan Bangsa.

“Pemilihan keempat lokasi pelaksanaan PKA tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para pengunjung,” katanya.

“Kami berharap semua bersinergi bersama ragam peran, seperti menghadirkan pihak-pihak tertentu yang diperlukan oleh setiap instansi, dan bisa mengorganisir pertemuan atau konten acara dengan subtema tertentu, serta melancarkan ragam proses negosiasi melalui pelaksanaan kebudayaan,” katanya.

Baca juga: PKA yang akan di gelar 2023 usung tema Jalur Rempah

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023