Satu unit rumah yang dihuni lelaki lanjut usia (lansia) di Dusun Kebun Kelapa, Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, hangus terbakar.

Camat Idi Rayeuk Hasbi di Aceh Timur, Rabu, mengatakan rumah tersebut milik Rusli alias Kek Li berusia 70 tahun, yang bekerja sebagai pengumpul barang bekas.

"Banyaknya barang bekas di sekitar rumah tersebut menyebabkan api mudah membakar tempat tinggal Kek Li,” sebutnya.

Melihat ekonomi Kek Li, Camat Idi Rayeuk berharap warga bergotong royong membantu membangun kembali rumah Kek Li sebagai tempat tinggalnya sementara. 

“Kami berharap para dermawan untuk ikut berinfak dan membeli berbagai kebutuhan untuk membangun kembali rumah milik Kek Li,” kata Hasbi.

Informasi dihimpun, kebakaran terjadi Selasa (14/3) sekira pukul 19.30 WIB. Kebakaran bermula ketika Kek Li membakar sampah di belakang rumah berukuran 4X6 meter itu. 

Setelah membakar sampah, Kek Li menutup rumah dan pergi ke kota untuk sebuah keperluan. Tiba-tiba api dari sampah menjalar ke dinding rumah hingga membakar rumah berdinding kayu dan beratap seng itu. 

Api dengan cepat menyambar dan membesar, karena di sekitar rumah Kek Li juga menyimpan tenda dan spanduk bekas, termasuk barang asongan yang rawan terbakar.

Warga yang melihat api membakar bagian belakang rumahnya, lalu berhamburan ke lokasi dan membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya, bahkan tak lama kemudian satu unit armada kebakaran tiba di lokasi.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023