Persiapan Sabang Marine Festival semakin matang, termasuk pawai budaya yang menjadi ikonik pada acara pembukaan 17 Maret 2023.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, mengatakan dengan tema “Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia”, SMF tahun ini dikemas dengan menggambarkan aktivitas bahari, juga diperkuat dengan konsep ragam budaya di Sabang. 

“Tidak hanya bahari, tapi juga budaya kita perkuat dalam SMF tahun ini. Mulai dari beberapa hari yang lalu, suasana SMF23 sudah terasa di Sabang, termasuk yang akan menampilkan atraksi budaya di pawai, mereka terus melakukan latihan secara intensif,” ujar Reza.
 
Lebih lanjut dikatakan, Pawai budaya yang menjadi pembuka akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti, marching band, aksi teatrikal, tari tradisional tulo-tulo, putri bunga, karnaval adat, seudati, pencak silat, pakaian adat nusantara, barongsai dan juga ada ikon kapal SMF23.

 “Pada budaya Pawai ini nantinya akan ada atraksi, jadi tidak hanya jalan, para peserta juga melakukan pertunjukan, sehingga masyarakat dapat menikmati pertunjukan yang beragam,” ujarnya.

Pawai budaya yang melibatkan 425 peserta ini, akan mengambil start di depan Kantor Wali Kota Sabang, kemudian turun ke arah Taman Ria menuju Tugu Cengkeh, terus lurus ke arah kiri menuju Tugu Merah Putih, hingga finis di Distrik Navigasi Sabang.

"Anak-anak sudah mulai gladi kotor dan nanti juga akan melakukan gladi bersih H-1. Bagi yang penasaran seperti apa keseruannya, bisa langsung datang ke Sabang dan saksikan secara langsung Opening Ceremony Sabang Marine Festival," ujarnya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023