Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang is (PUPR) mulai melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan pengaspalan, lantai jembatan sarana lainnya senilai Rp4 miliar.

“Saat ini dimulai rekayasa lapangan dan akan dimulai proses pembangunan fisik,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Aceh Barat, Dr Kurdi di Meulaboh, Sabtu.

Ia menjelaskan, pembangunan awal yang dilaksanakan tersebut berupa penahan tanah pada sisi oprit jembatan dengan panjang 40 meter.

Selanjutnya pekerjaan pengaspalan di oprit dan lantai jembatan Sawang Teubee-Alue Peudeung, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat dengan panjang 120 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp1,5 miliar.

Kemudian paket kedua berupa pekerjaan aspal jalan masuk dan box atau peningkatan jalan menuju Jembatan Sawang Teubee-Alue Peudeung, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat dengan pagu Rp2,5 miliar.

Kurdi menjelaskan pembangunan tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, sebagai upaya memudahkan akses transportasi masyarakat dari kecamatan menuju pusat ibu kota kabupaten, guna meningkatkan aktivitas ekonomi termasuk menjual aneka hasil kebun dan pertanian.

Pembangunan ini juga diharapkan dapat mengatasi gangguan transportasi masyarakat, sehingga diharapkan akses masyarakat untuk beraktivitas semakin mudah dan lancar.

“Pelaksanaan pekerjaan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kepada masyarakat,” tambah Kurdi menambahkan.

Pihaknya juga telah menjelaskan dan melaporkan mekanisme pembangunan dua proyek tersebut kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Aceh, Teuku Ahmad Dadek dan pihak terkait, sehingga diharapkan pembangunannya berjalan lancar tanpa ada kendala apa pun.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023