Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Aceh membagikan sebanyak 200 paket kepada anak yatim dan dhuafa melalui program ICMI Peduli Ramadhan 1444 Hijriah.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian ICMI Aceh dan bagian dari program kerja ICMI yang dilandasi pada 5K,” kata Sekretaris ICMI Orwil Aceh Prof Radjuddin di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela penyerahan paket sembako dan uang santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa di Kantor ICMI Orwil Aceh di Banda Aceh.

Baca juga: ICMI tekankan enam program penguatan ekosistem SDM unggul di Rapim

Ia menjelaskan ada lima ciri khas dari ICMI adalah kualitas iman dan taqwa, kualitas hidup, kualitas kerja, kualitas karya dan kualitas pikir.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari kita meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan ikut peduli kepada sesama terutama di bulan penuh berkah ini,” kata Prof Radjuddin.

Menurut dia Kegiatan ICMI Peduli dilakukan rutin setiap bulan Ramadhan  dan jumlah pelaksanaannya sudah berlangsung 14 kali dengan sasaran penerima manfaat warga sekitar kantor ICM Orwil Aceh dan dhuafa di daerah tempat pengurus tinggal.

Baca juga: Pemkot ajak ICMI bersinergi bangun kota Banda Aceh

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah ikut andil bagian dalam kegiatan ICMI Peduli ini dan Alhamdulillah jumlah donatur terus bertambah dan ini juga berdampak terhadap jumlah penerima manfaat,” katanya.

Ketua Panitia ICMI Peduli Djusiah Djamaran mengatakan jumlah donatur yg memberikan zakat/infaq/sadaqah melalui kegiatan ICMI Peduli di bulan Ramadhan 2023 mengalami peningkatan dibandingkan tahun yang lalu yakni tahun sebelumnya 190 paket, tahun ini 200 paket.

“Paket ini dibagikan kepada masyarakat di lingkungan Peuniti sebanyak 60 paket, masyarakat di lingkungan kantor ICMI Orwil Aceh, dan masyarakat di lingkungan anggota pengurus  ICMI Orwil Aceh yg telah ditentukan,” katanya.

Adapun dana yang terkumpul pada tahun 2023 sebesar Rp61 juta dengan paket santunan yang diberikan dengan total Rp250 per paket terdiri dari paket sembako  seharga  Rp150 ribu dan uang tunai Rp100 ribu.

Baca juga: Dr Yasar terpilih jadi ketua Masika ICMI Aceh

Ia juga menambahkan pada tahun 2023 pihaknya juga akan memberi bantuan ke Rumah Tahfizh Quran Al Kahfi, Panti Asuhan Barbate, dan Panti Asuhan Muhamadiah.

Koordinator ICMI Peduli Orwil Aceh Lailisma Sofyati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah berkontribusi dalam kegiatan rutin yang telah berlangsung 14 kali tersebut.

“Kami berharap tahun depan jumlah donatur bisa meningkat lagi sehingga jumlah penerima juga lebih banyak ,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan tausyiah Ramadhan yang diisi Tgk Tarmizi Daud.

Baca juga: ICMI Orwil Aceh salurkan bantuan ramadhan untuk warga duafa

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023