Lembaga Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mulai menyalurkan zakat kepada 4.152 orang masyarakat dari kalangan fakir miskin dengan total anggaran sebesar Rp1,76 miliar lebih 

“Penyaluran zakat ini kita rencanakan selama tiga hari dimulai sejak Selasa hingga Kamis mendatang,” kata Ketua Baitul Mal Nagan Raya, Hamidi dalam keterangannya di Suka Makmue, Selasa.

Sebelumnya pada Jumat (7/4/2023) lalu, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas sudah  menyerahkan zakat secara simbolis kepada fakir miskin dan mualaf di momen peringatan Nuzul Quran, berlangsung di Masjid Giok Aceh Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Baca juga: 566 petugas kebersihan Banda Aceh terima zakat senif, ini jumlahnya

Hamidi mengatakan pada tahun ini, jumlah penerima zakat dari Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Aceh berjumlah 4.152 penerima terdiri dari 2.077 masyarakat fakir, dan  2.075 masyarakat kategori miskin, serta Mualaf sebanyak 38 orang penerima.

Hamidi mengatakan zakat dari para muzakki (pemberi zakat) yang dikelola oleh Baitul Mal Nagan Raya merupakan zakat yang terkumpul pada tahun 2022 lalu dan disalurkan pada tahun 2023.

 

Dari total penerima sebanyak 4.152 orang, masing-masing fakir menerima bantuan sebesar Rp 450 ribu per penerima zakat, masyarakat miskin Rp400 ribu per penerima dan mualaf Rp 1 juta per penerima.

Baitul Mal Kabupaten mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para Muzakki yang telah mempercayakan Baitul Mal Nagan Raya sebagai lembaga untuk mengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS). 

"Kami ucapkan terimakasih kepada para Muzakki yang telah mempercayakan Baitul Mal Nagan Raya sebagai lembaga untuk mengelola zakat selama ini," ungkap Hamidi.

Baca juga: Kemenag Aceh Barat tetapkan dua ketentuan zakat fitrah, begini penjelasannya

Sementara itu, Kepala Desa Gampong Sumber Daya, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya, Aceh, Abdul Saleh mengucapkan terima kasih kepada Baitul Mal Nagan Raya yang telah membantu warga kurang mampu, baik fakir maupun miskin yang ada di desa nya.

"Terima Kasih kepada Baitul Mal yang sudah menyalurkan zakat ini kepada warga kami, terkhususnya kepada para Muzakki yang telah mempercayakan Baitul Mal Nagan Raya untuk mengelola zakat ini dengan baik," ungkapnya. 

Menurutnya, zakat yang disalurkan oleh Baitul Mal Nagan Raya tersebut sangat membantu warga kurang mampu karena menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca juga: Mendagri minta pemda optimalkan peran baznas untuk entaskan kemiskinan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023