TNI Angkatan Laut (AL) di Kota Sabang menggandeng beberapa pelaku UMKM untuk menggelar bazar sembako murah, dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, Jumat, mengatakan bazar sembako murah ini sebagai upaya menindaklanjuti dari arahan Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Mohammad Ali dalam membantu prajurit dan masyarakat, terutama di wilayah pulau paling barat Indonesia itu.

"Hari ini Lanal Sabang beserta Guskamla Koarmada I, Fasharkan, dan Lanudal Sabang, mendukung kegiatan pembagian paket lebaran dan bazar murah. Ini merupakan program dari pimpinan TNI AL yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia," kata Son Haji Hariyoko di Kota Sabang.

Baca juga: Nagan Raya gelar Ramadhan Fair 2023 di Kompleks Masjid Giok, ini tujuannya

Bazar murah ini berlangsung di Mako Lanal Sabang. Pihaknya juga menggandeng sejumlah pelaku UMKM, sebagai bentuk kepedulian mereka dalam upaya pemulihan ekonomi UMKM di daerah Pulau Weh itu. 

Son Haji Hariyoko menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya TNI AL membantu masyarakat dan para prajurit dalam memenuhi kebutuhan saat menyambut lebaran.

Sebagai bentuk perhatian pimpinan TNI AL, maka para prajurit diberikan paket lebaran, sedangkan untuk masyarakat, pihaknya membantu dengan cara mengadakan bazar sembako murah. 

“Harapannya kegiatan ini bisa bermanfaat dan meringankan personel TNI AL dan masyarakat sekitar memenuhi kebutuhan lebaran," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat Daya fokuskan pengembangan UMKM kuliner

TNI AL menyediakan 538 paket sembako, terdiri dari 310 paket dari mitra TNI AL yakni Bank Syariah Indonesia (BSI) dan 228 paket dari Primkopal Lanal Sabang yang diserahkan langsung kepada personel Lanal Sabang, Guskamla Koarmada I, Fasharkan, dan Lanudal Sabang.

"Untuk personel, kita berikan dua paket per orangnya yang pertama dari internal dan Primkopal, kemudian dari mitra kita Bank Indonesia syariah," ujarnya.

Bazar murah tersebut juga menjual berbagai kebutuhan pokok dan kebutuhan lebaran dengan harga yang terjangkau di bawah harga pasar. Umumnya, sembako menjadi incaran masyarakat, seperti beras, minyak, goreng, tepung terigu, gula, telur, dan aneka sirup. 

Selain itu, tersedia juga berbagai gerai UMKM yang menjual produk-produk olahan khas Kota Sabang mulai dari aneka makanan, pakaian hingga aksesoris.

Baca juga: Kodam IM gelar Semarak Ramadhan, hadirkan beragam produk UMKM Aceh

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023