Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mencatat sebanyak 6.058 orang warga lanjut usia atau 45,8 persen di daerah ini, telah mendapatkan penyuntikan vaksin COVID-19 dosis tiga dari pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, dari total target 13.235 lansia di Aceh Barat, sebanyak 6.058 orang di antaranya telah mendapatkan vaksinasi booster pertama atau dosis ketiga,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, Ahad.

Sedangkan warga lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, kata dia, saat ini tercatat sebanyak 9.448 orang atau 71,4 persen, dan warga lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua sebanyak 10.955 orang atau 82,8 persen.

Baca juga: 46,3 persen warga rentan di Aceh Barat sudah divaksin dosis ketiga, begini penjelasannya

Syarifah Junaidah mengatakan meningkatnya jumlah lansia yang mendapatkan vaksinasi dosis ketiga di Aceh Barat, disebabkan karena meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan.

Selain itu, peningkatan tersebut juga dipengaruhi kesadaran masyarakat lansia agar selalu menjaga imunitas dari serangan penyakit.

Syarifah Junaidah mengatakan saat ini Dinas Kesehatan Aceh Barat terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang ingin menjaga kesehatan dengan melakukan vaksinasi.

Meski mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, namun kesadaran warga lansia di Aceh Barat dalam menjaga kesehatan dengan melakukan vaksin sangat diapresiasi oleh pemerintah daerah.

“Kebanyakan warga lansia yang melakukan penyuntikan vaksin ini karena mereka sering bepergian,” demikian Syarifah Junaidah.

Baca juga: Begini target Dinkes Aceh Jaya untuk Polio tahap dua

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023