Ketua Fraksi Partai Aceh DPR Aceh (DPRA) Tarmizi SP meminta kepada Kementerian Perhubungan agar segera meninjau harga jual tiket pesawat baling-baling atau ATR yang melayani penerbangan ke sejumlah bandara kecil di Aceh, karena terlalu mahal dan berpotensi ganggu iklim investasi.

“Mahalnya harga jual tiket pesawat dari sejumlah bandara di Aceh ke Sumatera Utara telah menyebabkan iklim investasi ke Aceh terganggu,” kata Tarmizi kepada ANTARA di Meulaboh, Senin.

Ia mengatakan saat ini harga jual tiket pesawat ATR seri 72-600 yang melayani penerbangan dari Bandara Kualanamu, Sumatera Utara ke Bandara Nagan Raya dijual Rp1,4 juta untuk sekali terbang dan sebaliknya Nagan Raya-Kualanamu Rp1,3 juta.

Kemudian Kualanamu-Simeulue Aceh dijual Rp1,4 juta untuk sekali terbang dan sebaliknya Simeulue Aceh ke Kualanamu Rp1,292 juta.

Rute Kualanamu-Kota Lhokseumawe Aceh juga masih dijual dengan harga tinggi yaitu Rp1,34 juta untuk sekali jalan dan sebaliknya Kota Lhokseumawe Aceh-Kualanamu Rp1,24 juta.

Dibandingkan dengan harga tiket pesawat tiket dari Bandara SIM Aceh Besar – Kualanamu justru lebih murah, yaitu di kisaran Rp500 ribu untuk sekali terbang dan sebaliknya Kualanamu-Bandara SIM Rp600 ribuan untuk sekali terbang.

Tarmizi meminta kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia agar segera melakukan peninjauan ke pihak maskapai agar menurunkan harga tiket pesawat ke sejumlah bandara yang ada di wilayah pantai timur dan pantai barat Aceh, tentunya dengan harga normal di kisaran harga Rp400 ribuan untuk sekali terbang seperti sebelum masa pandemi COVID-19.

Mengingat jika harga jual tiket pesawat ke sejumlah bandara di kabupaten/kota di Aceh masih dijual dengan harga tinggi, maka hal tersebut sangat membebani masyarakat dan dapat mengganggu iklim investasi di Aceh karena investor dan wisatawan akan enggan datang ke Aceh karena harga tiket pesawat yang mahal.

“Kami juga meminta Dinas Perhubungan Aceh agar dapat menyurati pihak maskapai dan Kemenhub, sehingga harga jual tiket pesawat ATR ke Aceh segera diturunkan,” tegas Tarmizi.

Baca juga: Gubernur Aceh surati Presiden terkait mahalnya harga tiket pesawat
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023