Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Farid Nyak Umar minta pemerintah setempat melalui PDAM Tirta Daroy dan PUPR untuk dapat membenahi jaringan instalasi air bersih ke perumahan warga yang belum terkoneksi secara baik.

"Karena banyak yang belum terkoneksi jaringan pemipaannya, kita berharap pemko bisa mensupport pemasangan pipa HDPE dan sambungan langsung ke rumah warga," kata Farid Nyak Umar di Banda Aceh, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Farid Nyak Umar saat meninjau kawasan perumahan warga di Lorong C Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Baca juga: Sah, kini Banda Aceh miliki qanun pencegahan narkoba

Farid menyampaikan, selama ini terdapat pembagian tugas dari kedua instansi tersebut (PDAM Tirta Daroy dan PUPR) terkait penanganan jaringan air bersih.

Di mana, tanggung jawab pemasangan jaringan instalasi mulai jaringan primer, sekunder hingga tersier berada di bawah Dinas PUPR, sedangkan sambungan ke rumah-rumah warga (house connection) itu dilakukan oleh pihak PDAM Tirta Daroy.

"Jadi kolaborasi antara Dinas PUPR dengan Perumdam Tirta Daroy ini sangat kita harapkan, sehingga kendala yang dihadapi masyarakat khususnya terkait jaringan penipuan bisa diselesaikan," ujarnya.

Farid juga mengapresiasi respon cepat (quick response) dari Dinas PUPR dan Perumdam Tirta Daroy dalam menindaklanjuti aspirasi masyarakat terhadap penyediaan jaringan (instalasi) dan ketersediaan air bersih. 

Sementara itu, Kadis PUPR Banda Aceh M Yasir mengatakan bahwa pemasangan jaringan instalasi air bersih bagi rumah rumah warga merupakan salah satu program prioritas dari dinasnya. 

"Karena keterbatasan atau tidak tersedianya air bersih ini menjadi rawan bagi kehidupan warga, jadi akan kami tindak lanjuti keluhan masyarakat ini, sebab air bersih merupakan kebutuhan vital dan terkait dengan hajat hidup orang banyak," kata Yasir.

Hal senada juga disampaikan Direktur Teknik PDAM Tirta Daroy, Irwandi menegaskan bahwa pihaknya segera menindaklanjuti jika sudah terbagun insfrastruktur jaringan air oleh PUPR Banda Aceh. 

"Kami siap menindaklanjuti dan mendistribusikan air kepada rumah warga jika instalasi pemipaannya sudah terkoneksi," demikian Irwandi.

Baca juga: DPRK minta Pemko Banda Aceh aktifkan kembali Tim Penegakan Syariat Islam

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023