Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Aceh meminta Pemerintah Aceh segera membangun pelabuhan pengangkutan crude palm oil (CPO) di wilayah pantai Barat Selatan Aceh (Barsela) untuk meminimalisir tumpahan minyak di daratan (jalan nasional).

"Sebelum ada pelabuhan tempat pengapalan CPO di Barsela, maka selama itu kejadian serupa (tumpahan CPO di jalan nasional) akan terus terjadi," kata Sekretaris Apkasindo Aceh Fadhli Ali, di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan ini disampaikan Apkasindo sebagai respon atas berulangnya kejadian tumpahan CPO di lintasan pegunungan Aceh Besar (gunung Kulu) akibat pengangkutan minyak menuju pelabuhan Belawan Medan masih menggunakan jalur darat.


Baca juga: CPO tumpah di Gunung Kulu Aceh Besar bikin macet lalu lintas hingga 2 kilometer

Fadhli menyampaikan, saat ini lintasan pegunungan Paro, Kulu Aceh Besar dan Geurutee Aceh Jaya masih menjadi jalur alternatif pengangkutan CPO dari berbagai daerah di wilayah barat selatan Aceh.

Kemudian, lanjut Fadhli, luas areal kelapa sawit di kawasan itu juga terus bertambah, maka sudah pasti pengangkutan CPO semakin banyak. Baik itu CPO dari Simeulue, Abdya, Nagan Raya, Aceh Barat dan Aceh Jaya, dan semuanya pasti dibawa ke Belawan melalui Geurutee, Kulu dan Geurutee.

 

Karena itu, jika pelabuhan tidak segera dibangun, maka kejadian tumpahan CPO akan terus terjadi. Apalagi, semakin hari areal kelapa sawit semakin luas dan secara otomatis produksi CPO nya juga meningkat.

"Jadi selama jalur tersebut masih dilintasi kendaraan pengangkut CPO, maka besok, lusa dan seterusnya tumpahan serupa pasti akan terjadi lagi," ujarnya.

Fadhli menuturkan, Apkasindo sendiri sudah berulangkali menyampaikan keluhan tersebut,  tetapi Pemerintah Aceh dan DPR Aceh belum memberikan respon serius.

Dirinya berharap, pemerintah dan DPR Aceh benar-benar memperhatikan permasalahan ini, karena pembangunan jalur alternatif yakni pelabuhan penting demi keselamatan pengguna jalan di daerah yang sangat rawan dan kerap terjadi kecelakaan tersebut.

"Harapan kami petani sawit kepada pemerintah dapat memberikan dukungan agar pengapalan CPO dari wilayah Barsela dapat dilakukan, salah satunya melalui pengembangan pelabuhan Calang Aceh Jaya," demikian Fadhli Ali.


Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh kaji penggunaan pelabuhan PLTU angkut CPO, sudah ada investor tertarik
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023