Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan mengimbau agar para orang tua ikut berperan dalam proses pendidikan karakter anak dengan mengenali lingkungan sekolah anak. 

"Orangtua tidak boleh hanya memasrahkan pendidikan anaknya kepada guru. Mari kenali lingkungan pendidikan anak, sehingga orangtua juga menjadi bagian dari instrumen pendidikan anak," kata T Mirzuan, di Aceh Tengah, Senin. 

Menurut dia, dalam rangka mewujudkan kepedulian dan keterlibatan publik pada penyelenggaraan pendidikan di sekolah, pihaknya juga telah mengimbau setiap orangtua untuk ikut mengantarkan anaknya pada hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru 2023-2024.


Baca juga: Pj bupati Aceh Tengah tinjau kondisi air bersih warga di Jagong Jeget

Kata dia, pemerintah ingin memastikan setiap orangtua ikut memberi motivasi kepada anak dalam mengawali proses belajar mengajar di sekolah. 

"Alangkah baiknya kalau diantar oleh orangtua, karena akan berkesan bagi anak. Sehingga selain menjadikan anak senang sekolah juga sekaligus menumbuhkan motivasi untuk anak dalam mengawali proses belajar di Sekolah," ujarnya. 

Lanjutnya, momen hari pertama masuk sekolah pada tahun ini juga menjadi sebuah gerakan untuk mewujudkan semangat merdeka belajar pada seluruh sektor pendidikan.

Untuk mewujudkan hal itu kata dia membutuhkan atmosfir kerja sama yang konstruktif dari semua pihak. 

"Tidak hanya orangtua dan guru, namun pemerintah pun diharapkan dapat hadir dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh komponen pendidikan demi masa depan Kabupaten Aceh Tengah semakin cemerlang," ujarnya.

Baca juga: Penyidik sita Rp270 juta terkait korupsi pembangunan rumah sakit regional Aceh Tengah

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023