Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah memberikan bantuan dana senilai Rp5 juta beserta peralatan dapur dan kasur untuk Tek Mah (60) janda miskin yang hidup sebatang kara di rumah tidak layak huni. 

"Kita akan bantu uang Rp5 juta, selain itu kita juga akan menyediakan sarana air bersih dan jamban di rumah ini," kata Pj Abdya, Darmansah saat meninjau langsung rumah Tek Mah di Gampong Kuta Bakriend, Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya, Jumat.

Tek Mah, janda yang disebut memiliki gangguan jiwa, dan tidak memiliki anak. Selama ini hidup sebatang kara. Melihat kondisi tersebut, Komunitas Intelektual Pemerhati Sosial (KIPS) Gampong Kuta Bak Drien pun melakukan penggalangan dana. 

“Berhubung pemerhati sosial sudah memulai melakukan penggalangan dana, maka saya akan membantu Rp5 juta dan membangun sarana air bersih dan jamban permanen di rumah ini. Uang itu akan saya transfer hari Senin ke panitia," katanya.

Baca juga: Pj Bupati Abdya salurkan bantuan korban kebakaran

Saat meninjau kondisi rumah tidak layak huni tersebut, Pj Bupati Abdya juga turut membawa bantuan sembako, peralatan dapur dan kasur untuk kebutuhan janda miskin itu.
 
"Mudah - mudahan dengan terbangunnya rumah ini, Tek Mah bisa beribadah dengan tenang," ujarnya, berharap.
 

Adapun kondisi rumah tidak layak huni di Gampong Kuta Bak Drien tersebut awalnya diketahui dari salah seorang masyarakat setempat yang melaporkan dalam grup aplikasi WhatsApp (WA) Forum Abdya Meusapat pada Kamis (20/7). Dalam grup itu juga ada Pj Bupati Abdya.

Warga itu menceritakan kondisi rumah yang ditempati Tek Mah sudah sangat tidak layak huni dan butuh perhatian dari pemerintah.
Merespon informasi itu, Pj Bupati Darmansah langsung meminta alamat lengkap Tek Mah.

"Setelah menerima informasi pak Pj bupati langsung memerintahkan saya untuk mengantar bantuan," kata Kepala Dinas Sosial Abdya, Yusan Sulaidi. 

Sebelum bupati meninjau langsung, kata Yusan, pihaknya sudah lebih dulu mengantarkan bantuan. "Ini kita antar lagi sekalian dengan kunjungan bapak Pj bupati," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan KIPS Desa Kuta Bak Drien, Sulaiman mengatakan pihaknya sudah melakukan penggalangan dana untuk pembangunan rumah Tek Mah. Bahkan ada yang sudah menyumbang seng untuk atap rumah hingga uang tunai.

Sulaiman mengaku sangat bersyukur dengan adanya respon dan kepedulian dari Pj Bupati Abdya yang berjanji akan ikut membantu biaya untuk pembangunan rumah warga miskin itu.

"Ini merupakan program perdana dari KIPS, dan kami akan terus bergerak untuk membantu masyarakat dalam bidang sosial dan keagamaan," kata Sulaiman.

Baca juga: Dua bulan tak beroperasi, Pj bupati tinjau kilang padi modern di Abdya

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023