Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh mengajak awak media di provinsi itu agar bersama-sama dengan pemerintah setempat untuk menangkal berita berita atau hoaks.

“Mari kita bersama-sama untuk menangkal penyebaran berita bohong yang informasi tersebut dapat menjurus ke fitnah dan dapat meresahkan masyarakat,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan Kepala Dinas Kominsa Aceh itu disampaikan saat membuka kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Aceh bekerja sama dengan Dinas Kominsa Aceh. Kegiatan tersebut diikuti oleh 36 peserta terdiri dari dua kelompok madya dan empat kelompok muda.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat: Surat imbauan pengobatan Ibu Ida Dayak di Meulaboh Hoaks

Marwan menjelaskan seiring perkembangan teknologi saat ini penyebaran berita hoaks begitu cepat, sehingga perlu upaya pencegahan yang dilakukan oleh semua pihak, termasuk pengecekan kembali terhadap informasi tersebut.

"Semua pihak dan masyarakat khususnya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu akan kebenaran terhadap berbagai informasi yang beredar, sehingga tidak mengarah ke hal-hal yang tidak baik," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya juga terus bersinergi dan berkolaborasi dengan PWI Aceh dalam rangka meningkatkan kompetensi wartawan, salah satunya menggelar kegiatan UKW dengan peserta berasal dari lintas media.

“Kegiatan ini akan terus kita lakukan secara berkelanjutan,” katanya.

Menurut dia, kegiatan UKW tersebut juga merupakan bagian dalam upaya meningkatkan kapasitas jurnalis dalam menjalankan tugasnya dalam mencari dan menyampaikan berita melalui media massa.

Ketua PWI Provinsi Aceh Nasir Nurdin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Aceh yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan UKW ke-16 yang dilakukan oleh PWI setempat.

“Kami berharap melalui UKW ini akan melahirkan wartawan berkompeten,” katanya.

Baca juga: Polres Nagan Raya imbau warga tidak sebar hoaks di medsos jelang Pemilu

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023