Sebanyak tiga anggota pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Banda Aceh lolos mengikuti jambore dunia ke 25 yang berlangsung di Saemangeum Korea Selatan pada 2 sampai 12 Agustus 2023.

“Saya berpesan kepada para peserta jambore dunia yang akan berangkat, jaga nama baik Banda Aceh dan Aceh, jadikan kesempatan ini sebagai ajang berbagi pengalaman," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin di Banda Aceh, Kamis.

Pesan itu disampaikan Amiruddin dalam kegiatan pelepasan putra putri terbaik Banda Aceh tersebut ke Korea Selatan di Gedung Mawardi Nurdin Balai Kota Banda Aceh.

Adapun ketiga anggota pramuka yang lolos ke jambore dunia ke Korsel setelah mengikuti seleksi pada Januari 2022 lalu tersebut yakni Muhammad Aidil Haj, Putra Mahara, dan Piang Amporn Yimyam.

Ketiganya dijadwalkan berangkat ke Jakarta terlebih dahulu pada 29 Juli 2023, kemudian baru melanjutkan perjalanan ke Korea Selatan untuk bergabung dengan peserta dari seluruh dunia.

Amiruddin menyampaikan, ketiga kader pramuka Kwarcab Banda Aceh tersebut merupakan duta bagi Banda Aceh dan Aceh secara umum selama mengikuti jambore dunia. 

Karena itu, dirinya meminta kepada peserta untuk menunjukkan sikap yang merepresentasikan kultur Aceh di mata dunia yang dikenal sebagai masyarakat berbudaya, dan menghargai nilai-nilai persaudaraan.

Dirinya juga berpesan, keikutsertaan mereka dalam jambore dunia ini harus dimanfaatkan untuk mendapatkan pengalaman berharga yang bisa mendorong peningkatan kapasitas diri. 

"Ikuti semua agenda di sana dengan serius, sehingga sepulang dari sana nantinya dapat lebih banyak berkontribusi positif kepada lingkungan dan masyarakat," demikian Amiruddin.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023