Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ikut mendukung program 2.500 beasiswa daerah menyongsong Indonesia emas pada 2045.

"Beasiswa daerah ini akan disalurkan tahun 2024 bagi mahasiswa yang akan kuliah di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) melalui MoU Apkasi dengan 20 universitas di Indonesia dalam rangka memberikan kemudahan bagi mahasiswa," kata Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman di Aceh Tamiang, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Meurah Budiman usai mengikuti Simposium Pendidikan dan Forum Group Discussion (FGD) bersama Apkasi dan Perguruan Tinggi di Jakarta.

Baca juga: Waduh, Rp1,3 triliun dana abadi pendidikan mengendap di Bank Aceh

Menurut dia, Simposium Pendidikan dan FGD itu mengusung tema "Mewujudkan SDM Sehat dan Unggul Melalui Kemitraan Perguruan Tinggi Negeri Menyongsong Indonesia Emas 2045" dan turut dihadiri Menpan RB RI Abdullah Azwar Anas.

Dijelaskan Meurah, MoU yang telah ditanda tangani tersebut merupakan tindak lanjut audiensi antara Apkasi dan Rektor terkait kemitraan keduanya dalam program beasiswa dalam negeri. Pihaknya mengapresiasi Apkasi yang konsisten mendorong dan mengimplementasikan program peningkatan SDM di daerah tersebut.

"Simposium nasional ini menjadi forum penting kolaborasi antara pemerintah daerah dan PTN untuk menghasilkan kebijakan berorientasi pemberdayaan SDM secara komprehensif," ujarnya.

 

Meurah Budiman juga menilai langkah ini untuk mewujudkan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM lewat dukungan program beasiswa dalam negeri.

Dimana, penandatanganan MoU tersebut melibatkan 20 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia di antaranya, UGM, UPN Veteran Yogyakarta, Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Indonesia (UI) dan perguruan tinggi lainnya.

"Acara ini tidak hanya momentum penandatanganan MoU saja, tetapi sebagai platform berharga bagi pemangku kepentingan di daerah," ujarnya.

Dalam konteks lokal Pemkab Aceh Tamiang, kata dia, pihaknya baru saja menyalurkan lebih dari 700 beasiswa kepada para mahasiswa yang berdomisili di Aceh Tamiang.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Banda Aceh beri beasiswa senilai Rp341 juta

Pewarta: Dede Harison

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023