Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh menyatakan jalur wilayah tengah provinsi itu menghubungkan Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, dengan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, kembali normal setelah sempat putus akibat longsor.

"Jalur Takengon-Blangkejeren kini sudah dapat dilalui. Kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat dari kedua arah, sudah dapat melewati titik longsor," kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Kamis.

Sebelumnya, material longsor akibat hujan deras menutupi badan jalan Takengon-Blangkejeren, Kamis (24/8) sekira pukul 03.10 WIB. Titik longsor tersebut berada di Bukit Tembolon, Desa Ise-Ise, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues.

Baca juga: Jalan Lintasan Takengon-Blangkejeren Gayo Lues putus total akibat longsor

Perwira menengah Polda Aceh tersebut mengatakan kepolisian setempat berkoordinasi dengan perusahaan konstruksi terkait penggunaan alat berat untuk membersihkan material longsor yang terdiri tanah berlumpur dan pohon tumbang.

Personel Satuan Lalu Lintas Polres Gayo Lues dan anggota pos polisi Pantan Cuaca dikerahkan untuk mengamankan lokasi serta membantu membersihkan lumpur material longsor.

"Pembersihan material longsor berlangsung beberapa jam hingga akhirnya badan yang tertutup tanah dan pohon tumbang akhirnya berhasil dibersihkan. Selanjutnya, kendaraan diperbolehkan lewat dengan sistem bergantian dari kedua arah," katanya.

 

Muhammad Iqbal Alqudusy mengimbau pengguna jalan yang melewati jalur tersebut untuk tetap waspada karena badan jalan yang sebelumnya tertimbun longsor masih berlumpur dan licin.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah itu juga menginformasikan kepada masyarakat ada sejumlah jalur alternatif ke Blangkejeren, ibu kota Kabupaten Gayo Lues.

Di antaranya dari Kabupaten Aceh Timur dengan kondisi jalan yang bagus. Kemudian, melalui Kabupaten Aceh Barat Daya, dengan kondisi jalan juga bagus, kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

"Kami juga mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan jika melalui jalur tengah, menuju ke Kabupaten Gayo Lues, karena di beberapa titik rawan longsor. Apalagi kondisi sekarang sedang hujan," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Baca juga: Jalur alternatif untuk menghindari longsor di Jalan Lintasan Blangkejeren-Takengon

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023