Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyerahkan donasi masyarakat Aceh untuk korban bencana gempa bumi di negara Turki melalui Kantor Kedutaan Besar Turki di Jakarta.

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas, Kamis, mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk rasa persaudaraan yang tinggi dari masyarakat Aceh dengan Turki terutama masyarakat korban dampak gempa bumi Turki beberapa bulan yang lalu.

“Ini merupakan penyerahan akhir donasi yang terhimpun, totalnya Rp11 miliar yang bersumber dari berbagai kalangan seluruh kabupaten/kota di Aceh,” kata Ilyas di dalam keterangan diterima di Banda Aceh.

Baca juga: Kemenag Aceh salurkan donasi Rp317,3 juta untuk korban gempa Turki

Donasi itu diserahkan langsung oleh llyas mewakili Gubernur Aceh kepada Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Talip Küçükcan di ruang kerja Dubes Turki, Kota Jakarta Selatan. 

Ia menjelaskan donasi tersebut merupakan bantuan dari pemerintah dan masyarakat Aceh yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB).

Kata Ilyas, hubungan Indonesia dengan Turki sangat erat. Turki merupakan bangsa yang membantu Indonesia saat gempa bumi tahun 2004 di Aceh dan bencana-bencana lainnya.

“Turki termasuk negara yang berperan aktif dalam membantu rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca tsunami pada 26 Desember 2004 silam, saya sangat teringat waktu tsunami Aceh, Turki membantu kita dengan donasi yang sangat besar, dan itu digunakan untuk berbagai keperluan korban tsunami Aceh,” ujarnya.

Oleh sebab itu, masyarakat Aceh dengan senang hati untuk membantu Turki yang sedang mengalami musibah gempa. Menurut dia, masyarakat Aceh sangat mencintai Turki, karena sejarah Aceh dan Turki sangat erat.

Sementara itu, Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Talip Küçükcan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Aceh. Katanya, sumbangan itu akan diserahkan langsung untuk korban gempa Turki sesuai dengan mekanisme.

“Saya harap bentuk dukungan ini juga akan memperkuat hubungan antara Turki dan Aceh, juga antara Turki dan Indonesia kedepannya,” ujarnya.

Kata Talip Aceh merupakan daerah yang memiliki hubungan emosional tinggi dengan Turki. Ia juga berencana berkunjung ke Aceh untuk kembali menghimpun kembali sejarah Turki dan Aceh.

“Terimakasih dan Insya Allah kita akan ke sana (Aceh) mungkin juga dengan orang-orang yang dulu datang saat tsunami 2004. Dan mungkin itu jadi delegasi ke Aceh bersama Dubes Turki,” katanya.

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah serahkan donasi Rp180 juta untuk korban gempa Turki

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023