Ketua Badan Koordinasi Saksi Nasional 
DPP Demokrat Andi Timo Pangerang menyatakan bahwa pihaknya memanfaatkan teknologi berupa aplikasi untuk efektivitas kerja pemantauan saksi pada Pemilu 2024.

"Sebagai partai modern, Demokrat juga tentu menggunakan informasi teknologi (aplikasi) untuk memudahkan kerja-kerja saksi di lapangan," kata Andi Timo Pangerang, di Banda Aceh, Selasa.

Andi mengatakan, dalam kinerja pengawalan nantinya, Demokrat sudah menyediakan aplikasi Sirekap Demokrat, dan segera diluncurkan sebelum pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga: Partai Demokrat sebut Komunikasi dengan Ganjar dan Prabowo berjalan baik

Dengan penggunaan digitalisasi itu, diharapkan bisa menjaga suara partai demokrat di setiap TPS seluruh Indonesia, sehingga ikhtiar mencari suaranya tetap terjaga.

"Dengan aplikasi, pelaporan hasil perhitungan suara bisa kita ketahui lebih cepat, berapa suara partai dan Caleg partai demokrat di setiap TPS," ujarnya.
 

Dirinya menegaskan, para saksi di lapangan merupakan ujung tombak dalam mengawal suara partai. Karena itu, perlu diberikan pembekalan  maksimal terhadap mereka.

"Termasuk, melakukan pemetaan terhadap titik rawan dalam proses pemungutan suara maupun perhitungan suara," kata Andi Timo.

Sementara itu, Ketua DPD Demokrat Aceh, Muslim menyatakan bahwa mereka memasang saksi di seluruh TPS di Aceh, termasuk menyiapkan koordinator pengawal TPS.

Tak hanya saksi yang disediakan partai, ia juga mempersilahkan para caleg untuk menyiapkan saksi dari masing-masing. Dengan catatan tetap berkoordinasi tim dari partai.

"Sehingga pada saat 14 Februari 2024, Insya Allah Demokrat bisa full semua mengawal suaranya saat Pemilu nanti," demikian Muslim.

Baca juga: Megawati dan SBY berpeluang bertemu bahas koalisi Pilpres 2024

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023