Sebanyak 113 gampong/desa dalam 23 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar akan melaksanakan pemilihan umum keuchik/kepala desa secara langsung serentak (Pilchiksungtak) pada 10 Oktober 2023, kata pejabat setempat.

“Kami minta para camat di 23 kecamatan untuk memantau kesiapan panitia pemilihan keuchik (P2K) di setiap gampong yang akan melaksanakan pesta rakyat di tingkat desa sehingga pelaksanaan berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Sekda Aceh Besar Sulaimi di Jantho, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela rapat koordinasi pilchiksungtak bersama Camat dalam Kabupaten Aceh Besar di Jantho. Rapat koordinasi turut dihadiri Asisten III, Staf Ahli, Kabag Tata Pemerintahan dan Kabag Hukum Setdakab Aceh Besar,

Ia menjelaskan pilchiksungtak tahun 2023 merupakan pelaksanaan pemilihan serentak yang ke-4 di Kabupaten Aceh Besar. Di mana dalam pilchiksungtak 2023 diikuti 305 kandidat calon keuchik/kepala desa.

Menurut dia pelaksanaan pilchiksungtak tinggal enam hari lagi sehingga seluruh camat dalam wilayah pelaksanaan, untuk memantau kesiapan P2K agar tidak ada kendala dalam pelaksanaan.

Ia juga meminta para camat dapat memastikan seluruh tahapan dan juga persiapan berjalan sesuai dengan yang telah ditetapkan sehingga masyarakat di gampong pelaksana pemilihan umum tersebut dapat memilih pemimpin terbaik yang akan memimpin desa.

"Mari kita menyukseskan pilchiksungtak yang akan dilaksanakan di 113 gampong dalam 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar tahun ini," katanya.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023